Bupati Butur Tekankan Perbedaan Tugas Guru dan Politikus

Bacakan

Abu Hasan

BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan melantik pejabat fungsional yakni, kepala sekolah dan pengawas pada satuan Dinas Pendidikan Kabupaten Butur. Ada 89 kepala sekolah dan delapan pengawas yang diambil sumpahnya di Aula Bappeda Butur, Senin (27/2).

-Advertisement-

Orang nomor satu di daerah paling utara pulau Buton ini mewarning seluruh kepala sekolah dan pengawas untuk tidak bermain-main dengan politik.

Abu Hasan mengatakan, tugas guru berbeda dengan politikus. Guru, ujar mantan Kabiro Ortala Pemprov Sultra ini, yang dilakukan itulah yang menjadi patokan. Sedangkan, politikus yang dilakukan dan yang dipikirkan lain dalam hatinya.

“Oleh karena itu, saya minta guru-guru kalau ingin menjadi politikus berhentilah menjadi guru, kepala sekolah dan pengawas supaya menjadi caleg tahun 2019. Dan kalau ingin menjadi guru mari kita bersama-sama untuk membina pendidikan di Kabupaten Buton Utara,” tegasnya.

Bagi Butur sendiri, tambah Abu Hasan, dilihat dari indeks pembangunan manusia belum menggembirakan. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Tentunya indeks pembangunan manusia bukan satu-satunya tugas pendidikan, tetapi indeks pembangunan manusia lebih berat kependidikan.

Dengan demikian, berhasil tidaknya mengangkat derajat indeks pembangunan manusia tergantung dari keberhasilan guru-guru. Untuk itu, guru-guru diminta lebih mengkonsentrasikan diri pada hal-hal yang lebih substansial soal pendidikan, kalau soal diluar pendidikan itu urusan orang lain.

Dia menjelaskan, ada empat komponen yang sangat penting dalam pengelolaan dunia pendidikan dan harus dilakukan bersama-sama. Diantaranya, anggaran pendidikan harus memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan. Kemudian, tantangan mutu guru secara profesional. Selanjutnya, pengelolaan kelas yang lebih modern. Terkahir, manejemen sekolah yang lebih baik,

“Saudara-saudara sekalian yang hari ini dilantik, yang hari ini diberikan kepercayaan maka tugas ini akan diemban sebaik-baiknya dan jangan ada keluhan dalam menjalankan tugas,” harap Abu Hasan.

Pada pelantikan tersebut, ikut dihadiri Sekda Butur La Ode Baharuddin, Plt Kepala Diknas Agus Pria Budiana, Kepala BKD Yasin, dan beberapa pejabat Pemkab Butur. (R)

Facebook Comments