Sah, Rajiun Pimpin Mubar, Umar Samiun di Buton, Nurahman Umar di Kolut

Bacakan

Kendari, inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat, Buton, dan Kolaka Utara, telah menetapkan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih di daerah masing-masing.

Di Muna Barat, LM Rajiun Tumada berpasangan dengan Ahmad Lamani resmi ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih hasil pilkada 2017.

-Advertisement-

Di Buton, Samsu Umar Abdul Samiun yang berpasangan dengan La Bakri kembali menjabat sebagai pasangan bupati dan wakil bupati Buton.

Sebelumnya, Umar-Bakri merupakan pasangan incumbent yang kembali maju pada Pilkada 2017.

Sementara di Kolaka Utara, pasangan Nurahman Umar-Abbas ikut ditetapkan oleh KPU setempat sebagai pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Kolaka Utara.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, dari tujuh daerah yang menggelar pilkada tahun ini, baru tiga daerah yang ditetapkan karena mereka tidak teregister di Mahkamah Konstitusi (MK).

Sedangkan empat daerah lainnya, Kota Kendari, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Bombana, secara resmi telah teregister untuk ikut sidang permulaan di MK.

“Baru masuk laporan sudah selesai semua. Jadi rapat pleno penetapan  paslon terpilih di tiga kabupaten telah selesai,” ungkap Hidayatullah, Rabu (15/03/17).

Setelah pleno penetapan pasangan calon terpilih dilaksanakan, KPU akan menyampaikan hasil keputusannya berikut seluruh berkas paslon terpilih kepada DPRD masing-masing.

“Selanjutnya dilanjutkan oleh DPRD ke Mendagri melalu bupati dan Gubernur Sultra,” jelasnya.

Di Kolaka Utara, perolehan suara pasangan Nur Rahman Umar-H Abbas tak terbendung dua pasangan lainnya. Pasangan nomor urut satu ini memperoleh 35.303 suara atau 47,23 persen. Di tempat kedua, pasangan Boby Alimuddin-Maksum Ramli dengan perolehan 27.442 suara atau 36,72 persen dan di tempat ketiga, pasangan Anton-Haidirman Sarira dengan 11.996 suara atau 16,05 persen.

Di Muna Barat, paslon LM Rajiun Tumada-Ahmad Lamani memperoleh 26.126 suara atau 59,45 persen sedangkan lawannya, pasangan La Ode Muh Ihsan Taufik Ridwan-La Nika hanya memperoleh 17.823 suara atau 40,55 persen.

Sedangkan di Kabupaten Buton, pasangan Samsu Umar Abdul Samiun-La Bakri dipastikan tetap melanjutkan pemerintahannya setelah unggul atas kotak kosong. Pasangan Umar-Bakri memperoleh 27.512 suara atau 55,08 persen sedangkan kotak kosong, hanya dukungan 22.438 suara atau 44,92 persen.

Reporter: La Ode Pandi Sartiman
Editor     : Jumaddin Arif

Facebook Comments