Ini Tiga Nama Calon Rektor yang Mendapat Suara Terbanyak

Bacakan

Kendari, inilahsultra.com – Penjaringan bakal calon Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) telah selesai dilaksanakan lewat pemilihan anggota senat, Kamis (16/3/2017).

Pada pemilihan yang dilakukan di tingkat senat ini, lahir tiga nama calon rektor yang akan melaju ke tahap selanjutnya yakni Profesor Buyung Sarita memperoleh 43 suara, disusul Dr Muhammad Zamrun F 40 suara, dan Prof La Sara sembilan suara.

-Advertisement-

Sementara, Prof La Rianda hanya memperoleh empat suara, Prof La Ode Muhammad Aslan dua suara, dan Prof Nurlansi tanpa mendapatkan satu pun suara.

“Jumlah anggota senat sebenarnya ada 101 orang. Tapi yang menyalurkan hak suara hanya 98, dua anggota senat tidak hadir karena sakit, dan satu anggota senat hadir namun tidak memilih,” terang Ketua Panitia Pemilihan Rektor UHO Kendari Prof Hilaluddin Hanafi, Kamis (16/3/2017).

Wakil Rektor II UHO Kendari ini mengatakan, tiga nama yang memperoleh suara terbanyak yakni Prof Buyung, Dr Zamrun, dan Prof La Sara akan melaju ke tahap berikutnya.

Selanjutnya, tambah Prof Hilal, ketiganya akan kembali bersaing mendapatkan suara terbanyak melalui suara senat dan 35 persen suara Menteri Riset Tektonologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

“Nanti, dari tiga nama yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan senat bersama suara menteri sudah pasti akan dilantik sebagai rektor UHO,” pungkasnya.

Sebelumnya direncanakan, usai tahapan penjaringan akan dilanjutkan dengan penyerahan dokumen ke kemerinristekdikti pada 17 hingga 20 Maret 2017.

Kemudian, pemilihan Rektor UHO Kendari bersama utusan kemenristekdikti, rencana akan dilaksanakan antara 23 hingga 30 Maret 2017. Jika sukses, pelantikan rektor terpilih akan berlangsung pada awal April 2017.

Penulis: La Ode Kasman Angkosono
Editor: Rido

Facebook Comments