Warga Tangkap Buaya Besar di Sungai Wanggu Kendari

Bacakan

KENDARI, inilahsultra.com – Warga Lorong Perintis, Jalan HEA Mokodompit, Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu ,Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) digegerkan dengan penangkapan buaya.

Buaya Sungai Wanggu berdiameter 80 centimeter dan panjang 4,35 meter tersebut ditangkap warga dengan menggunakan jerat, Minggu (19/3/2017) sekitar pukul 17.30 Wita.

-Advertisement-

Kini, buaya yang diketahui berjenis kelamin betina tersebut sudah dibawa ke Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Salah seorang pria yang terlibat pada penangkapan buaya, Nuzul mengungkapkan, pemasangan jerat bermula dari buaya yang sering muncul di permukaan suangai. Hingga akhirnya, ia berinisiatif memasang jerat pada siang hari, dan pada sore hari membuahkan hasil.

“Ini buaya kita sering kasih makan. Supaya dia muncul, kita pukul-pukul air, kita jerat pakai tali jemuran,” ujar Mahasiswa Universitas Halu Oleo Kendari ini saat ditemui di Kantor BKSD Sultra, Senin (20/3/2017).

Nuzul mengaku, dirinya bersama tujuh temannya berupaya menangkap buaya karena khawatir jangan sampai warga setempat menjadi korban keganasan hewan pemakan daging tersebut. Karena setiap saat terlihat muncul di permukaan sungai.

“Kita tangkap karena kita takutkan jangan sampai memakan korban. Apa lagi banyak anak-anak yang bermain di sungai,” tandasnya.

Sementara Humas BKSDA Sultra Prihanto mengatakan, buaya yang berusia 15 tahun ini akan dilepas kemabli ke habitatnya. Rencananya akan dilepas di Rawaopa.

“Karena di sana kan jauh dari pemukiman warga,” terangnya.

Lebih lanjut Prihanto mengimbau, warga di sekitar sungai Wanggu untuk tetap waspada. Pasalnya, informasi yang didapat masih ada tiga ekor buaya yang berkeliaran di sana.

Reporter: La Ode Kasman Angkosono
Editlor : Jumaddin Arif

Facebook Comments