Guru di Konsel Akan Didistribusi Ulang Secara Merata

Bacakan

ANDOOLO, inilahsultra.com – Dalam rangka efektivitas sistem pendidikan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pemerintah daerah setempat berencana akan mendistribusi secara merata guru-guru di sekolah-sekolah yang ada.

“Sekarang ini masalah yang sangat krusial adalah terkait pendistribusian guru yg tidak merata, karena yang jadi kendala selama ini adalah eksekusinya yang tidak pernah dilaksanakan. Contoh di kecamatan A tenaga pengajarnya menumpuk, sementara di kecamatan lain sangat kekurangan tenaga pengajarnya, ” ungkap Wakil Bupati Konsel, Arsalim, saat memimpin rapat koordinasi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel, Selasa (21/03/2017).

-Advertisement-

Menurut mantan Kepala Bappeda Konsel ini, data rasio antara guru dan siswa setiap sekolah sudah ada, tinggal eksekusinya saja yang belum dilaksanakan. “Percuma kita bicara pendidikan yang bermutu kalau gurunya tidak mempunyai SDM serta kekurangan tenaga gurunya,” kata Arsalim.

Oleh karena itu, kata dia, dalam waktu dekat semua akan evaluasi. Pendistribusian guru ditata ulang supaya merata. Selain akan mendistribusikan guru secara merata, Pemda Konsel saat ini sedang mendata ulang Guru Tidak Tetap (GTT) yang ada di daerah itu.
Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Sjarif Sajang mengatakan, kedepan seluruh GTT yang ada di Konsel harus dipastikan aktif dalam menjalankan tugas. “Kita tidak mau lagi mendengar ada GTT yang fiktif,” tegasnya.

Menurut Sjarif, tim verifikasi akan dibentuk dari berbagai instansi, mulai dari Dinas PK, BKD serta dari Sekretariat Daerah sendiri. Diharapkan nanti bisa menghasilkan kompilasi data, untuk dilaporkan kepada pimpinan dalam hal ini bupati.

Reporter: Idin
Editor : Jumaddin Arif

Facebook Comments