53 Anggota Satpol PP Butur Dilatih Strategi Pembinaan Masyarakat

Bacakan

Satpol PP Butur dilatih strategi pembinaan masyarakat di Hotel Al Qautsar Wandaka, Kamis, 18 Mei 2017.

Buranga, Inilahsultra.com – Sebanyak 53 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Buton Utara (Butur) dilatih strategi pembinaan masyarakat di Hotel Al Qautsar Wandaka Kabupaten Butur, Kamis, 18 Mei 2017. Pembinaan itu merupakan bagian peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Kepala Bidang Ketenteraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Butur, Ja’war mengatakan, pelatihan itu untuk meningkatkan kapasitas SDM Satpol PP. Sehingga dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi), utamanya dalam menegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, bisa lebih profesional dan terlatih.

Menurut Ja’war, Satpol PP memiliki tugas berat berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah dan Pasal 3 peraturan pemerintah tentang pedoman Satpol PP dan tugas pokok Satpol PP. Mereka dituntut bisa membantu kepada derah dalam menegakkan peraturan daerah serta penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.

“Melalui pendalaman materi ini diharapkan anggota menjunjung tinggi norma hukum, agama, dan hak asasi manusia yang berkembang di masyarakat, serta membantu penyelesaian perselisihan warga atau masyarakat yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban umum,” ujar Ja’war kepada Inilahsultra.com.

Ja’war menambahkan, dalam menjalankan tugas Satpol PP harus bisa melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Apalagi menyangkut ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Maka tugas utama perlu dilakukan orientasi kepada anggota untuk bekerja sama antara derah dan pihak ketiga. Termasuk melakukan koordinasi dengan instansi vertikal daerah yaitu TNI dan Kepolisian demi ketentraman umum,” jelas mantan Lurah Bone Lipu ini.

Reporter: Darmawan

Editor: Rido

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...