Perebutan PAN Sultra Makin Ketat

668
 

Ilustrasi


Kendari, Inilahsultra.com – Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi salah satu partai yang paling menarik untuk diperebutkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 mendatang. Perebutan partai ini, akan semakin ketat karena ada tiga calon gubernur berasal dari PAN.

Pengamat politik, Prof Eka Suaib menilai, ada tiga figur yang berpeluang mendapatkan PAN adalah Asrun, Laode Ida, dan Tina Nur Alam.

Dia menjelaskan, dalam menentukan siapa calon yang akan diusung, partai biasanya melihat dua faktor. Pertama bagaimana calon bisa membaca psikologi politik masyarakat Sultra. Itu akan menjadi magnet untuk memikat pemilih dan memikat pendudukan basis koalisi.

“PAN harus melihat siapa figur yang cukup kuat dan dapat diterima oleh banyak orang di masyarakat, ini akan menjadi magnet bagi PAN,” kata Eka Suaib di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UHO Kendari, Rabu, 26 Juli 2017.

Faktor kedua adalah internal PAN. Karena ketiganya adalah sama-sama kader partai, maka harus bisa melihat dinamika internal yang terjadi di PAN. Karena ketiganya memiliki basis yang jelas.

“Selama ini PAN adalah partai yang mementingkan mekanisme di internal partai, karena ada nilai dasar tersendiri yang di bangun oleh PAN,” katanya.

Menurut Eka Suaib, jika dikalkulasi menurut rengking, maka pertama ada Asrun, kedua Laode Ida, dan ketiga Tina Nur Alam.

“Tapikan ini situasi politik yang kita tidak tau sebetulnya. Ini masih akan terjadi peristiwa politik dan akan melahirkan drama-drama politik yang akan muncul. Sehingga prediksi-prediksi yang muncul bisa berubah kapanpun” katanya.

Reporter: Haerun
Editor: Herianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...