UMK Fokus Bina Petani Lamomea

563
Bacakan

Sosialisasi Program IbDM di Balai Desa Lamomea beberapa waktu lalu.

-Advertisements-

Kendari, Inilahsultra.com – Melaksanakan fungsi pengabdian masyarakat, Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK), fokus melakukan pembinaan terhadap masyarakat Desa Lamomea Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UMK, Edy Hamka mengungkapkan, program pembinaan masyarakat di desa merupakan program IPTEK bagi Desa Mitra (IbDM) untuk bidang perikanan dan pertanian.

Menurut Edy, program kerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi RI ini sengaja dipusatkan di Desa Lamomea. Mengingat warga desa itu memiliki mata pencaharian rata-rata sebagai petani dan lahannya sangat potensial untuk pengembangan pertanian hortikultura dan budidaya perikanan air tawar.

“Sebelumnya, desa ini merupakan lumbung penghasil sayur mayur. Namun sekarang tidak lagi. Jadi kita ingin kembangkan desa itu agar lebih produktif,” kata Edy usai menggelar sosialisasi program pada petani di Balai Desa Lalomea, belum lama ini.

Edy menambahkan, pihaknya bertekad menata sistem produksi dan pemasaran produk ikan dan tanaman sayuran organik di Desa Lamomea. Hingga akhirnya, desa ini akan menjadi kawasan desa agrowisata organik.

Alumni Unhas Makassar ini mengungkapkan, kegiatan tahun pertama (2017) fokus pada pembentukan sentra organic farming pada budidaya ikan dan tanaman holtikultura.

Tahapannya, sosialisasi, pelatihan teknis dan kelembagaan, pembuatan area plasma budidaya ikan dan tanaman holtikultura secara organik melalui sistem aquaponik dan demplot (sistem tanam langsung di tanah), dan pembuatan kelompok kerja guna membentuk tim organic farming yang akan mendukung kegiatan BUMDes.

“Program ini akan berjalan sampai tiga tahun kedepan. Mudah-mudahan berhasil,” ujar Edy.

Peliput: Herianto

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...