KPU Baubau Gelar Sosialisasi Tahapan Pilwali 2018

1063

KPU Kota Baubau menggelar tahalan Pilwali 2018 di Hotel Ratu Rajawali, Sabtu malam, 23 September 2017.


Baubau, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau menggelar sosialisasi tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau tahun 2018 di Hotel Ratu Rajawali, Sabtu malam, 23 September 2017.

- Advertisement -

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah anggota partai politik, Kejaksaan Negeri Baubau, Pengadilan Negeri Baubau, Polres Baubau, dan tokoh masyarakat.

Komisioner KPU Baubau Mamnun Laidu mengatakan, sosialisasi ini merupakan  tahap awal untuk menyukseskan Pilwali Kota Baubau.

“Pasca launching beberapa waktu lalu kita langsung gencar melakukan sosialisasi. Beberapa waktu lalu kita sudah sosialisasi untuk ke pemilih pemula melalui go to kampus maupun sekolah, sekarang kita sosialisasi ke stake holder,” katanya.

“Kita harapkan melalui sosialisasi ini semua informasi terkait tahapan kegiatan Pilkada 2018 dapat tersebar luas ke masyarakat. Semoga bisa menambah kesiapan dari pihak penyelenggara maupun dari pihak masyarakat, serta para calon wali kota mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti setiap tahapan yang sudah diputuskan,” tambahnya.

Menurut Mamnun, untuk pendaftaran pasangan calon nantinya akan dimulai dengan calon perseorangan.

“Untuk jalur perseorangan dimulai nanti pada bulan November untuk syarat minimal dukungan dan diserahkan ke KPU nanti pada 10 Januari 2018 bersamaan dengan partai politik nnti ditetapkan pada 12 Februari 2018,” terangnya.

Khusus jalur perseorangan harus memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan KPU. Antara lain pasangan calon perseorangan minimal mendapatkan dukungan dari empat kecamatan yang ada di Kota Baubau serta harus mengantongi 10 persen lebih dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan presiden (Pilpres) lalu.

“Berarti pasangan perseorangan harus mengantongi 11.427 pemilih dukungan dari DPT terakhir kita pada Pilpres lalu sebanyak 114.266 pemilih. Setelah itu juga kita akan memverifikasi secara faktual terkait KTP tersebut,” bebernya.

Ia menargetkan, pada Pilkada yang akan digelar pada 27 Juni 2018 lalu KPU sendiri menargetkan jumlah pemilih pasca sosialisasi bisa meningkat di banding tahun sebelumnya.

“Kita usahakan targetnya untuk partisipasi pemilih bisa mencapai minimal 77,5 persen atau 78 persen nantinya,” tutupnya.

Reporter: Ari
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...