DPRD Baubau Rekomendasikan Evaluasi Kinerja Lurah BWI

650

Ketua DPRD Baubau Roslina Rahim saat menerima RT/RW yang dicopot.


Baubau, Inilahsultra.com – DPRD Kota Baubau meminta agar pemerintah kota segera mengevaluasi kinerja Lurah Bukit Wolio Indah (BWI) Seniwati. Evaluasi itu terkait pencopotan empat RT dan satu RW yang menuai kontroversi dikalangan masyarakat.

- Advertisement -

Rekomendasi permintaan evaluasi Lurah BWI melalui pembahasan panjang antara anggota DPRD bersama Asisten I Sekot Baubau Aswad, Camat Wolio La Ode Anwar, Lurah BWI Seniwati, termasuk Ketua RT/RW yang dicopot serta sejumlah warga BWI digedung DPRD Kota Baubau, Rabu, 4 Oktober 2017.

Dalam rapat itu, salah satu warga BWI, La Ode Safrin meminta agar Pemkot Baubau segera mencopot Lurah BWI, Seniwati.

“Lurah BWI harus segera dicopot. Kalau tidak, kami akan menduduki Kantor Lurah BWI,” ancam Safrin.

Asisten I Sekot Baubau Aswad menjelaskan, evaluasi dan monitoring terhadap kinerja pejabat dapat dilakukan setiap saat. Pejabat Lurah yang tidak mampu memenuhi ekspektasi bisa saja diganti.

“Mengenai pencopotan Lurah itu harus melalui mekanisme dan mempunyai tahap. Tidak langsung dicopot begitu saja. Kalau memang dirasa pimpinan tidak efektif lagi, tentu akan dilakukan penyesuaian-penyesuaian,” jelas Aswad.

Lurah BWI, Seniwati mengklarifikasi pencopotan empat RT dan satu RW diwilayah yang dipimpinnya itu.

Menurutnya, pencopotan itu berdasarkan evaluasi kinerja para Ketua RT dan RW itu. Kewenangan mengevaluasi kinerja Ketua RT/RW telah diatur dalam pasal 22 huruf (d) Perda nomor 4 tahun 2016 tentang pedoman pembentukan lembaga kemasyarakatan, RT/RW dan LPMK.

Seniwati berdalih, sebagai kepala wilayah kelurahan, dirinya berhak untuk mengevaluasi dan monitoring tugas-tugas RT dan RW. Dirinya pun telah menunjuk pengganti untuk mengisi kekosongan dalam menjalankan roda pemerintahan secara maksimal.

“Selain itu, usia dan kesibukan Ketua RT/RW yang dimaksud juga menjadi alasan pemberhentian. Faktor ini diperkirakan akan mempengaruhi pelayanan terhadap masyarakat,” dalihnya.

Atas tindakan pencopotan RT/RW itu, Wakil Ketua DPRD Baubau La Ode Yasin Mazadu menyatakan agat Pemkot Baubau segera melakukan evaluasi terhadap Lurah BWI.

“Dewan merekomendasikan kepada pemerintah agar segera mengevaluasi keputusan Lurah terkait pencopotan RT/RW sekaligus mengevaluasi khusus dari kinerja Lurah BWI ini,” tutupnya.

Reporter : Asi
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...