Usia Makin Matang, Baubau Kaya Sejarah dan Budaya

441
 

Upacara peringatan HUT Kota Baubau, Selasa, 17 Oktober 2017.


Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menggelar upacara memperingati hari jadi Baubau ke 476 dan HUT Kota Baubau ke 16 di Pelataran Kantor Wali Kota Baubau, Selasa, 17 Oktober 2017.

- Advertisement -

Upacara dipimpin langsung Wali Kota Baubau DR H AS Tamrin sebagai Inspektur Upacara. Upacara tersebut ikut dihadiri Wakil Bupati Muna Barat.

Dalam sambutannya, AS Tamrin mengungkapkan, sebelum menjadi kota yang berkembang seperti sekarang ini, Baubau telah melalui beberapa dekade yang tidak dapat terpisahkan dari awal terbentuknya Kota Baubau.

“Olehnya itu, peringatan ini sekaligus untuk menghormati jasa para pendahulu dan tokoh pemekaran Baubau,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Baubau itu meminta kepada seluruh elemen masyarakat termasuk semua unsur lainnya bersama-sama membangun negeri dengan mengedepankan kekompakan antar semua lembaga.

“Selain itu juga harus mengedepankan empat pilar pembangunan yang diimplementasikan berdasarkan falsafah PO 5 yakni Pomaa maasiaka, Po pia piara, Po angka angkataka, Po mae maeaka, Po binci binciki kuli,” paparnya.

AS Tamrin juga mengulas sejarah terbentuknya Kota Baubau. Kata dia, sejarah telah mencatat Kota Baubau sebagai pusat pemerintahan kerajaan dan kesultanan Buton masa lampau, serta menjadi spirit pembangunan saat ini.

Dalam sejarah terbentuknya Baubau pada masa kerajaan Buton terdahulu dimana Mia Pata Miana (yakni Sijawangkati, Sipanjonga, Sitamanajo, dan Simalui) merupakan tokoh bersejarah sehingga terpilihlah raja pertama yakni Raja Wakaka seorang perempuan pilihan dari Mia Pata Miana.

Selanjutnya dimasa raja ke-6 dan sekaligus mendeklarasikan terbentuknya masa kesultanan di tanah Buton. Raja ke-6 dan Sultan pertama yakni Sultan Murhum Kaimuddin Khalifatul Khamis memimpin Kesultanan Buton. Kemudian Kota Baubau menjadi Daerah Otonom di tahun 2001.

Atas sejarah inilah Kota Baubau menjadi salah satu daerah yang kaya akan budaya dan situs sejarah yang masih terjaga dan dilestarikan.

Kota Baubau diusianya ke 16 tahun tentu telah memberikan kemajuan yang berarti, sebagai pintu gerbang perdagangan di Kepulauan Buton juga memberikan andil dalam perkembangan ekonomi masyarakat Kota Baubau.

“Selamat Hari Jadi Kota Baubau ke-476 dan Selamat Ulang Tahun ke 16, sehingga tetap menjadi daerah yang maju dan sejahtera. Sebagai kepala daerah saat ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan terlebih khusus kepada tokoh masyarakat, pengusaha dan tokoh wanita yang sudah memberikan peran sertanya dalam membangun Kota Baubau,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...