Sempat Mati Mesin, Kapal Penumpang Bombana-Baubau Berhasil Dievakuasi

1114

Petugas SAR saat mengevakuasi penumpang.


Baubau, Inilahsultra.com – KM Armada Indah lll GT 33 No 550/LLn dengan rute Bombana-Baubau yang dikabarkan sempat mengalami mati mesin berhasil dievakuasi SAR dan KPLP Murhum Baubau, Jumat, 20 Oktober 2017.

- Advertisement -

Kapal yang beroperasi sejak tahun 2008 itu berangkat meninggalkan Bombana sekitar pukul 20.00 wita Kamis 19 Oktober 2017 dan mengalami mati mesin diperairan antara Pulau Kadatua dan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sekira pukul 05.00 wita, Jumat, 20 Oktober 2017.

Kapal dengan kapasitas muatan sekira 33 ton itu sempat dibawa arus kemudian ditemukan tim SAR Baubau sekira pukul 08.10 wita. Tim SAR pun langsung melakukan evakuasi kemudian menggiring KM Armada Indah lll menuju Pelabuhan Murhum Kota Baubau.

Pantauan Inilahsultra.com, KM Armada Indah lll tiba dipelabuhan sekira pukul 09.47 dengan kondisi baik-baik saja, kemudian penumpang dievakuasi sekira pukul 09.55 wita.

“Pas tiba di lokasi, kami pindahkan penumpang sekitar enam orang ke kapal kami (SAR). Kemudian menderek kapal itu menuju Pelabuhan Murhum,” tutur Dayan Koordinator Pos SAR Baubau usai evakuasi penumpang.

Kapten KM Armada Indah lll, Zaidi menjelaskan, matinya mesin kapal diakibatkan gangguan pada mesin kapal. “Kejadiannya subuh sempat hanyut dibawa arus dan saya paksakan hidupkan mesin untuk bisa sampai ke rompon dan berlabuh,” jelasnya ketika ditemui didalam kapal.

Untungnya, ada salah seorang penumpang merupakan petugas Syahbandar. Kemudian penumpang tersebut menelpon pihak perhubungan yang ada di Pantai Jodoh Kabupaten Buton Selatan (Busel).

“Banyak yang menelpon. Ada juga yang telepon ke Kendari. Jadi bantuan itu tiba bersamaan yakni kapal SAR dan Kapal KPLP Murhum,” tambahnya.

Salah seorang penumpang, Hj Madiyanah sempat khawatir atas matinya mesin kapal itu. Perasaannya pun lega ketika ada penumpang lainnya menelpon meminta bantuan.

“Pas mati mesin saya langsung berdoa supaya kita cepat-cepat ditemukan,” ujarnya.

Petugas KPLP Murhum Baubau, M Akbar mengatakan, ketika ditemukan KM Armada Indah lll dalam kondisi yang cukup bagus dan tidak terjadi apa-apa karena hanya mati mesin.

“Informasi kita dapat dari penumpang, kemudian menuju lokasi dan tiba di lokasi sekira pukul 08.00 wita hampir bersamaan dengan kapal SAR,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...