5 Tempat Wisata di Sabang yang Asyik Dijadikan Tujuan Wisata

821
wisata sabang  

Sabang merupakan sebuah kota di ujung barat Indonesia yang masuk dalam wilayah Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan berbatasan langsung dengan Malaysia, Thailand dan India. Kota ini berupa kepulauan dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya.

Selain sebagai daerah zona ekonomi bebas Indonesia, sabang juga mempunyai daya tarik dalam hal pariwisata yang tentu tidak kalah dengan daerah lain yang lebih dulu terkenal dengan pariwisatanya seperti Bandung dan Bali.

- Advertisement -

Dengan berbagai daya tarik pariwisatanya maka tak heran jika pada tahun 2017 ini Sabang menjadi tuan rumah Sail Indonesia, sebuah event wisata bahari terbesar di Indonesia.

Event ini berupa rally kapal yacht yang akan berlayar dari Darwin, Australia menuju ke berbagai daerah di Indonesia yang rutenya telah ditetapkan.

rute sail sabang
Rute Sail Sabang 2017

Sejak pertamakali dihelat di Pulau Bunaken sebagai seri yang pertama, event ini selalu menjadi daya tarik wisatawan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri.

Maka event Sail Sabang yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November – 5 Desember 2017 ini sangat pas untuk dijadikan sebagai promosi pariwisata Aceh khususnya Kota Sabang.

Dalam menyambut event ini tentunya Pemda Sabang bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata terus melakukan persiapan dan memoles berbagai tempat wisata di Sabang yang jelas akan dijadikan tujuan destinasi bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Sabang.

Penasaran dengan destinasi wisata apa saja yang menarik di Sabang!

Tempat Wisata di Sabang yang Asyik Dijadikan Tujuan Wisata

tempat wisata di sabang
Tempat Wisata di Sabang

Karena Sabang merupakan sebuah kepulauan maka jangan heran jika di Sabang mayoritas objek wisatanya adalah wisata bahari.

Tercatat ada 5 tempat wisata di Sabang yang bisa anda jadikan tujuan wisata yang tentu sudah dipoles sedemikian rupa menyambut Sail Sabang kali ini.

Berikut tempat wisata di Sabang yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Sabang.

1. Danau Aneuk Laot

danau aneuk laot
Danau Aneuk Laot

Berlokasi di Kota Sabang, Kelurahan Aneuk Laot, Pulau Weh, danau ini mempunyai luas 37,5 hektar.

Udara yang segar dengan panorama alam yang indah menjadikan danau ini sebagai salah satu destinasi favorit di Sabang.

Di danau ini anda bisa berendam dan merasakan kesegaran sebuah air danau yang terlihat begitu jernih. Tak hanya itu, bagi anda yang mempunyai hobi memancing tidak ada salahnya untuk mencoba keberuntungan anda di Danau Aneuk Laot.

Pengen punya foto yang keren dengan latarbelakang yang menakjubkan!

Jawabannya ada di danau ini, anda tidak boleh melewatkan narsis ditempat ini karena danau ini mempunyai begitu banyak spot-spot yang bagus untuk dijadikan latarbelakang photography.

2. Air Terjun Pria Laot

air terjun pria laot
Air Terjun Pria Laot

Berjarak sekitar 12 km dari Kota Sabang, tepatnya di selatan Pulau Weh ada sebuah objek wisata air terjun yang masih sangat alami. Air terjun ini bernama Air Terjun Pria Laot.

Kondisi objek wisata air terjun ini betul-betul masih sangat alami karena terjaga dengan sangat baik.

Objek wisata ini menawarkan air terjun dengan kolam penampungan air ditengahnya yang terbentuk alami dengan bukit-bukit batu yang membuatnya terkesan alami.

Di sini anda bisa menikmati alam bebas sepuasnya sambil berendam ditemani dengan ikan-ikan kecil berjenis Garra Rufa disekitar anda.

Uniknya, ikan ini dipercaya oleh penduduk setempat sebagai salah satu media terapi penyembuhan berbagai penyakit.

Ikan ini bekerja membuang sel-sel kulit mati terutama yang ada ditelapak kaki dan membantu mempercepat pergantian sel-sel oleh enzim yang dihasilkan dari air liur ikan ini.

Berani mencoba berendam di sini!

3. Pantai Iboih

pantai iboih
Pantai Iboih

Tempat wisata di Sabang berikutnya adalah Pantai Iboih. Pantai yang berlokasi di Pulau Weh ini merupakan salah satu primadona tempat wisata di Sabang.

Pantai ini sudah terkenal hingga ke mancanegara karena keindahan alam bawah lautnya yang begitu memukau.

Kondisi perairan lautnya yang dangkal dan ombaknya yang tenang membuat pantai ini kerap kali dijadikan tujuan wisata bagi para wisatawan yang punya hobi snorkeling maupun diving.

Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap dan telah dilengkapi oleh berbagai penginapan yang sewanya juga cukup terjangkau. Pokoknya pantai ini telah memenuhi syarat sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

4. Pantai Sumur Tiga

pantai sumur tiga
Pantai Sumur Tiga

Tempat wisata di Sabang berikutnya yang recomended adalah Pantai Sumur Tiga.

Pantai yang berlokasi di Pulau Weh ini kondisinya mirip dengan Pantai Ta’duno, Wakatobi, itu terlihat dari pasirnya yang berwarna putih dan kondisi disekitarnya yang terlihat alami.

Pantai inilah yang memiliki garis pantai terpanjang yang ada di Sabang. Dan seperti pada Pantai Iboih, pantai ini juga menjadi rujukan bagi wisatawan yang punya hobi snorkeling maupun diving.

Tak hanya sampai di situ, posisi pantainya yang menghadap ke timur membuat sunrise (Matahari Terbit) jadi sebuah moment yang banyak ditunggu-tunggu oleh para wisatawan yang sengaja datang untuk melihat hal itu.

Anda juga tak boleh melewatkan berbagai makanan seafood khas pulau ini yang tersedia direstoran-restoran yang berada disekitar Pantai Sumur Tiga yang tentu akan menggoda selera makan lidah anda.

5. Pulau Rubiah

pulau rubiah
Pulau Rubiah

Pulau Rubiah merupakan salah satu destinasi wisata yang juga cukup terkenal hingga ke luar negeri. Pulau yang mempunyai luas 2.600 hektar ini layaknya sebuah akuarium raksasa.

Jernihnya air dipermukaan lautnya membuat biota laut yang hidup di dalamnya terlihat dari permukaan laut, hal ini menjadi salah satu keunggulan objek wisata ini.

Saat baru menginjakkan kaki di permukaan lautnya, anda akan dibuat takjub dengan keindahan bawah lautnya terutama terumbu karang dan juga ikan-ikan tropis yang berenang ke sana ke mari dengan bebasnya.

Tak hanya itu, anda pun juga bisa berkeliling menikmati tiap sudut keindahan pulau ini dari atas perahu yang bisa anda sewa di pinggir pantai.

Harga sewa perahunya juga cukup bervariasi, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000 yang bertipe Glass Bottom (Transparant di Bawahnya).

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Sabang yang bisa anda jadikan rujukan destinasi wisata jika datang menyaksikan Sail Sabang 2017 yang puncak acaranya akan di gelar di Teluk Sabang di akhir tahun ini.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...