Pemda Butur Tingkatkan Pengelolaan Dana Desa Melalui Program Bursa Inovatif Desa

288
 

Buranga, Inilahsultra.com-Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat, menggelar program inovasi desa dan bursa inovasi desa.

Acara inovasi desa ini dibuka langsung oleh Bupati Butur Abu Hasan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali, bertempat di Aula Bappeda  Butur, Kamis, 28 Desember 2017.

- Advertisement -

Bursa Inovasi Desa merupakan langkah strategis untuk penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa dalam wilayah Butur. Kegiatan itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten.

Abu Hasan dalam sambutannya mengatakan, tujuan bursa inovasi desa ini untuk menjembatani kebutuhan pemerintahan desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

Selain itu, terang dia Bursa Inovasi Desa dapat menertibkan penggunaan dana desa. Dengan tertibnya pengelolaan dana desa, maka dapat melahirkan program yang kreatif dan inovatif.

“Kita mau penggunaan dana desa lebih inovatif kedepan, untuk mencapai desa yang lebih mandiri,” katanya.

Mantan Karo Ortala Pemprov Sultra ini berharap, semua kepala desa untuk menkosentrasikan diri pada hal-hal yang spesial, hal-hal esensial, dan hal-hal yang dirasakan masyarakat. Harus memetingkan kepentingan publik, dari pada kepentingan pribadi.

“Laksanakan program prioritas. Ini yang perlu dievaluasi, jangan ada program yang dikecil-kecilkan. Karena Era sekarang ini dibutuhkan kreativitas dan inovasi. Niatnya untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Orang nomor satu di Butur ini kembali mengingatkan kepada seluruh kepala desa dan perangkatnya untuk selalu memanfaatkan sumber daya manusia yang ada di desanya.

“Jangan selalu pihak ketigakan program di desa. Jangan orang Lipu Kulisusu kerja pekerjaan di Kulisusu Barat. Manfaatkan masyarakat setempat. Itu padat karya. Namanya saja padat karya, berarti warga disitu yang harus kerja,” tegas dia.

Pada acara pembukaan Bursa Inovasi Desa ini, diikuti puluhan kepala desa se Butur beserta perangkatnya, para camat dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah lingkup Butur.

Reporter : Armawan
Editor     : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...