Dinkes Kota Kendari Sosialisasi Cegah Penyakit TB

302
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum.
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi untuk mengantisipasi muncul dan bertambahnya penderita penyakit Tuberkulosis (TB) di Kota Kendari.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum mengatakan, TB merupakan penyakit bakteri menular yang berpotensi serius terutama mempengaruhi paru-paru. TB ditularkan melalui lingkungan yang tidak kondusif, seperti di rumah yang sirkulasi udaranya kurang bagus, tertutup, dan di lingkungan yang banyak penderita TB.

-Advertise-

Penderita TB ini gagal berobat yang telah dianjurkan. Akibatnya tidak lagi resisten terhadap obat. Jika mereka berobat sesuai yang dianjurkan TB ini akan tidak menyerang,” kata Rahminingrum di Kantor Dinas Kesehatan, Rabu, 4 Januari 2018

Untuk Kota Kendari, sebut Rahminingrum, pihaknya telah menemukan kasus sebanyak 20 kasus penderita TB yang sudah resisten terhadap obat.

Kepada penderita, Rahminingrum berpesan agar penderita TB bertanggung jawab atas penyakit yang dideritanya. Karena penyakit semacam ini dapat menyerang paru-paru dengan gejala batuk, berat badan turun, tidak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah.

“Kami harapkan kepada penderita TB di Kota Kendari, supaya bisa terlepas dari penyakit tersebut. Agar sering memeriksa kesehatan secara rutin, dan tidak membuang dahak disembarang tempat ketika batuk,” harapnya.

Penulis: Haerun
Editor  : Jumaddin Arif

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Empat Daerah di Sultra Mengalami Kekeringan Ekstrem

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here