Rakor dengan Forkompimda, KPU Baubau Harap Pilkada Damai

Bacakan

Suasana rapat KPU Baubau dengan Forkompimda. 

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Baubau menggelar rapat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Rabu 3 Januari 2018 menyangkut kesiapan pendaftaran bakal calon kepala daerah.

-Advertisement-

Diantaranya, Panitia Pengawas Pemilihan Kota Baubau, Kepolisian Resor Baubau, Komando Distrik Militer 1413 Buton, Ikatan Dokter Indonesia Kota Baubau, dan instansi pemerintah terkait lainnya.

Merujuk Peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal, Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau sebagai penyelenggara pemilihan serentak tahun 2018, pada tanggal 8-10 Januari 2018 akan menerima pendaftaran bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau Dian Anggraini mengatakan, pemilihan serentak tahun 2018 merupakan salah satu agenda nasional sehingga perlu keterlibatan berbagai stakeholder guna menyukseskan agenda tersebut.

Dia melanjutkan, Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau berharap mendapat dukungan dari semua peserta rapat koordinasi, bilapun ada hal-hal yang di diskusikan maka melalui forum ini dibicarakan sehingga dalam proses pendaftaran pencalonan nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dimana saat ini sudah terbentuk komunitas-komunitas/kelompok-kelompok dari masing-masing bakal pasangan calon dan kesemua itu butuh pengaturan.

“Olehnya, KPU Kota Baubau sebagai stakeholder utama bersama-sama Panitia pengawas pemilihan (Panwaslih) Kota Baubau dalam penyelenggaraan, kita harapkan dukungan dari stakeholder pendukung dan forum rapat koordinasi ini menjadi tempat untuk membahas hal dimaksud agar dalam pelaksanaannya nti bisa berjalan dengan lancar,” ungkap Dian dalam rapat koordinasi dengan instansi terkait dalam pemilihan tahun 2018 yang dilakukan di aula Lakeba Resto and Resort Baubau.

Dia menyebut ada beberapa Bapaslon dari partai politik yang akan mendaftar di KPU Kota Baubau sehingga pada prinsipnya mereka menginginkan tahapan pemilihan bisa berjalan tanpa anarkis, kondusif dan bakal pasangan calon dapat difasilitasi tanpa ada rasa diskriminasi.

Secara umum, pihak KODIM 1413 Buton dan Kepolisian Resort Baubau siap mengamankan seluruh tahapan penyelenggaraan, baik pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup.

“Sama halnya dengan instansi terkait lainnya, siap memback up kegiatan KPU Kota Baubau secara menyeluruh,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments