Pemadaman Listrik, Asisten Manajer PLN Kendari: Ada Gangguan Jaringan

Asisten Manajer Jaringan PLN Kota Kendari, Sultan.

Kendari, Inilahsultra.com -Pemadaman jaringan listrik di area Kota Kendari akhir-akhir ini disebabkan ada gangguan jaringan. Tak tanggung-tanggung yang mengalami kerusakan itu berasal dari mesin pembangkit besar.

Akibatnya, bukan hanya are Kota Kendari yang mengalami kerusakan, tetapi beberapa wilayah lainn juga ikut terjadi pemadaman seperti Pondidaha, Tinanggea, Asera, Kolono, Andolo. Karena memakai sistem interkoneksi satu arah.

“Arus ganguan besar sekali akibatnya mempengaruhi mesin mati, sehingga
memproses untuk menjalankan mesin itu butuh waktu beberapa jam dan membutuhkan daya. Semacam daya awal,” kata Asisten Manajer Jaringan (AMJ) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kendari, Sultan, saat ditemui di kantornya, Kamis, 11 Januari 2018.

Sultan mengungkapkan, sebelumnya PLN area Kendari menggunakan mesin kecil untuk dapat menguatkan jaringannya. Namun, dengan berkembangnya penduduk dan persaingan di dunia usaha semakin meningkat di Kota Kendari, pembangkit mesin itu tak dapat lagi memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini mengunakan mesin besar untuk dapat menguatkan jaringan. Namun, untuk mengoperasikan mesin itu harus masuk dalam angka normal atau sistem setting.

“Kemarin juga kami langsung melakukan pergantian mesin. Dimana dulu mesin kecil dioperasikan dan sekarang menggunakan mesin Tanasa besar 50 mega yang bisa mengalakan 10 mesin kecil yang dipakai sebelumnya,” terang Sultan.

Pembangkit besar yang saat ini dioperasikan apabila mengalami mati mesin, untuk memulihkan kembali memerlukan beberapa jam untuk normal.

“Kita (Manusia) saja pagi-pagi itu sebelum beraktifitas harus sarapan dulu. Agar tenaga kita kuat, seperti itu juga mesin besar yang beroperasi sekarang ini,” ujarnya.

Belum normalnya mesin pembangkit besar tersebut, sambung Sultan karena daya yang masuk dan beban yang ditambahkan untuk dinyalakan belum mampu untuk menerima yang masuk. Akan tetapi kondisi itu pengerjaan untuk pemulihan jaringan dengan konektivitas mesin pembangkit besar telah selesai.

“Kemarin sudah selesai. Alhamdulilah konektifitas jaringan dan mesin pembangkit besar saat ini sistem setting telah normal,” ucapnya.

Sehubungan dengan padamnya lampu beberapa wilayah beberapa hari ini, dirinya memohon kerjasama dan pengertian dari pihak pelanggan. Sebabnya, itu bukan untuk dipadamkan akan tetapi padam karena ada kerusakan.

“Karena kalau dipadamkan itu berarti ada unsur kesengajaan. Tapi disini karena padam sendiri dengan ganguan jaringan mesin,” imbuhnya.

 

Penulis : Haerun

Leave a Response