Pemkab Buteng Bangun Tempat Pembuangan Sampah Sesuai SNI

683
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin meninjau lokasi tempat pembuangan sampah di Desa Metere Kecamatan Lakudo, Kamis 11 Januari 2018.

Samahuddin mengatakan, lokasi pembuangan sampah itu sudah siap. Saat ini sudah tidak ada lagi masalah karena lokasi sudah dihibahkan msyarakat melalui kepala desanya.

- Advertisement -

“Tanahnya sudah dihibahkan masyarakat kepada pemerintah daerah,” terangnya.

Menurut Samahuddin, jika tidak ada halangan, tempat pembuangan sampah itu sudah bisa digunakan pada tahun 2019. Sehingga perlahan-lahan akan mulai disiapkan peralatan pendukung. Misalnya pengangkut sampah dan akses jalan masuk menuju lokasi pembuangan sampah.

“Rencana kita akan lebarkan menjadi 8 meter,” tuturnya.

Saat meninjau tempat pembuangan sampah itu, Samahuddin bersama Kepala Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan (SKPSPL) Kementerian Perumahan dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Sahabudin. Hadir juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Alimuddin, Kadis PUPR Ramlan, Kadis Kominfo La Ota, serta Kepala Bappeda Samsuddin Pamone.

Kepala SKPSPL Sahabuddin menjelaskan, tempat pembuangan sampah yang akan dibuat sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Makanya, dalam pembuatannya akan melibatkan Bappeda Buteng dan PU Sultra selaku pendamping perencanaan.

“Termasuk menggunakan teknologi yang  cangih sehingga limbah sampah tidak akan menimbulkan bau. Apalagi lokasi sudah cukup bagus menurut tim teknis. Kami sudah mengamati dan mengukur kontur tanahnya,” jelasnya.

Kepala Desa Metere La Ntimu mengungkapkan, tanah yang dihibahkan merupakan miliknya bersama dua warga lainnya, La Tiwori dan Wa Batala.

“Tanah itu ukuran 350 x 210. Kita sudah ikhlas dan hibahkan ke Pemkab Buteng. Tinggal menunggu pembuatkan akta hibah,” paparnya.

Editor : Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...