Selasa, Hasil Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah Baubau Diserahkan ke KPU

Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, Wa Ode Maasra Manarfa dan Ikhsan Ismail saat mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bahteramas Kendari, Jumat 12 Januari 2018.

Kendari, Inilahsultra.com – Setelah dinyatakan lolos berkas, kini para calon kepala daerah (Kada) dalam Pilkada Sultra tengah mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan. Untuk Pilkada Baubau sendiri, terdapat enam calon kepala daerah yang mengikuti pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit (RS) Bahteramas Kota Kendari.

Enam calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau yakni, pasangan Wa Ode Maasra Manarfa-Ikhsan Ismail (Mama Ikhlas), AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse (Tampil Manis), Roslina Rahim-La Ode Yasin Mazadu (RossY), H. Yusran Fahim-Ahmad Arfa (HYF-Ahmad), Ibrahim Marsela-Ilyas (IBM-Ilyas) dan pasangan Nursalam dan Nurmandani (Sang Kaisar).

Direktur RS Bahteramas, dr Yusuf Hamra menuturkan, pihaknya telah menyediakan 70 dokter dan ratusan tenaga medis guna melancarkan proses pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah itu.

“Kami sediakan 70 dokter berkompeten untuk menghadapi pemeriksaan kesehatan yang digelar selama lima hari yakni 9-13 Januari 2018,” tuturnya, Jumat 12 Januari 2018.

Pemeriksaan kesehata itu dibagi dua tahap. Tahap pertama pemeriksaan narkoba di Kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra dan tahap kedua pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh di RS Bahteramas.

“Tahap pertama dimulai 9-11 Januari 2018. Sedangkan tahap kedua dimulai 9-13 Januari 2018,” lanjutnya.

Ternyata, Selasa 16 Januari 2018 merupakan hari yang dipilih pihak RS Bahteramas untuk menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan ke KPU masing-masing.

“Tapi kita gelar pleno dulu pada Senin 15 Januari, apakah ada calon yang bermasalah kesehatannya atau tidak. Besoknya, baru kita serahkan ke KPU,” pungkasnya.

Selain itu, para calon juga diminta berpuasa sebelum mengikuti pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan. Puasa tersebut dilakukan sehari sebelum pemeriksaan kesehatan.

“Puasanya mulai jam 10 malam. Selama puasa, calon harus minum enam gelas pagi hari dan dilarang makan sebelum kami perbolehkan serta dilarang buang air,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Leave a Response