Pemekaran Kepton Melemah, DPRD Butur Sorot Panitia

793
 

Buranga, Inilahsultra.com – Gema pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) mulai redup. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan besar dikalangan masyarakat hingga sorotan pada panitia pemekaran.

Wakil Ketua DPRD Buton Utara (Butur), Abdul Salam Sahadia mengatakan, harusnya panitia pemekaran Provinsi Kepton menyampaikan progres perjuangan selama ini kepada masyarakat. Sehingga tidak menimbulkan redup.

- Advertisement -

“Panitia pemekaran harus nenyampaikan sejauh mana progres yang dilakukan untuk percepatan Kepton. Harusnya ini disampaikan juga kepada daerah-daerah cakupan,” kata Salam saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, Butur yang masuk dalam cakupan wilayah Kepton tidak pernah disampaikan oleh pantia tentang hal itu. Sehingga wajar jika masyarakat di daerah cakupan bertanya-tanya.

“Takutnya, Kepton ini dijadikan alat politik, ” kata Salam.

Salam menuturkan, sesuatu yang wajar bila daerah-daerah cakupan menanyakan hasil kerja panitia. Sebab, masyarakat menginginkan agar Kepton ini bisa terealisasi secepatnya. Karena itu, dibutuhkan keseriusan panitia dan dukungan segenap masyarakat di jazirah Buton Raya secara utuh.

“Jangan sampai panitia tidak mempunyai progres. Sehingga upaya pemekaran Kepton jadi terkatung-katung,” sentilnya.

Menurut Salam, Pemkab Butur bersama DPRD dan seluruh masyarakat sangat mendukung pemekaran Kepton. Bahkan, dana hibah sebesar Rp 2 miliar telah disiapkan untuk Kepton.

“Saya kira semua daerah cakupan Kepton akan berkontribusi. Termasuk kami di Butur,” tandas legislator Partai Demokrat ini.

Demi upaya percepatan Kepton, Salam meminta kepada seluruh elit politik dan kepala daerah agar menanggalkan hal-hal yang berbau politik. Sehingga konsentrasi hanya ditujukan pada upaya pemekaran Kepton.

Selain itu, sambung dia, seluruh kepala daerah cakupan wilayah Kepton bersama DPRD, segera melakukan pertemuan akbar guna mendorong percepatan pemekaran Kepton.

“Tempatnya dimana saja bisa. Kalau Butur ditunjuk,  kita siap jadi tuan rumah,” tuntasnya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...