Mesin Pembeku Ikan TPI Wameo Baubau Butuh Peremajaan

697
Muslimin Buhim

Baubau, Inilahsultra.com – Kondisi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wameo Kota Baubau memprihatinkan. Sekira setahun lebih Air Brast Freezer (ABF) atau mesin pembekuan ikan rusak total.

ABF yang ada di TPI Wameo berjumlah empat unit. Dua unit ABF rusak sudah setahun lebih dan dua unit lagi rusak beberapa bulan lalu. Akibatnya, para nelayan tidak bisa menampung hasil tangkapan.

- Advertisement -

Rupanya, ABF TPI Wameo itu telah berusia 13 tahun. Dilihat dari usianya yang sejak 2005 beroperasi, otomatis mesin pembekuan ikan tersebut sangat membutuhkan peremajaan.

“Kita sudah sarankan kepada Pj Wali Kota Baubau Pak Hado Hasina saat berkunjung disini (TPI), bahwa mesin pembeku ini sudah tua dan harus diganti dengan yang baru,” tutur Penanggung jawab TPI Wameo Kota Baubau, Muslimin Buhim di TPI Wameo, Selasa 6 Februari 2018.

Rupanya Pj Wali Kota Baubau sangat merespon saran dari Plt Kepala TPI Wameo itu. Buktinya, Hado Hasina langsung memerintahkan untuk mencatat apa saja kekurangan TPI dan apa saja yang dibutuhkan TPI saat ini.

“Alhamdulillah, ketika berkunjung Pak Hado sangat merespon unek-unek kami,” lanjutnya.

Kini, pihaknya tengah menunggu arahan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Baubau. Apakah pergantian mesin melalui anggaran perubahan 2018 atau melalui investor.

“Kita ini kan tidak bisa belanja langsung. Jadi harus tunggu arahan dari dinas,” tandasnya.

Diketahui, kapasitas satu unit ABF TPI Wameo itu dapat menampung ikan tiga sampai lima ton.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...