Kelompok Nelayan di Buton Dapat Bantuan 50 Unit Katinting

522
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Buton akan memberikan bantuan kapal kepada kelompok nelayan di Kabupaten Buton. Bantuan itu berupa 50 unit katinting dan 5 unit kapal penangkap Tuna.

Kepala DKP Buton Sudirman mengatakan, bantuan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018. Khusus bantuan kapal nelayan dianggarkan sebesar Rp 2,004 miliar, terbagi atas Rp 1,6 miliar buat 50 unit katinting dan kurang lebih Rp 400 juta buat lima unit kapal penangkap tuna.

- Advertisement -

β€œAnggarannya sudah ada, dan saat ini kita tinggal tunggu lelangnya pada bulan April,” katanya saat ditemui di Pelataran Kantor Bupati Buton, Rabu 7 Februari 2018.

Menurut Sudirman, setelah proses lelang selesai maka proses pembuatan kapal mulai dikerjakan. Diperkirakan sebelum akhir Desember 2018, seluruh bantun kapal telah di bagikan kepada kelompok nelayan.

Dia berharap, kelompok nelayan yang menerima bantuan kapal agar selalu menjaga kapal yang diberikan. Sehingga bantuan-bantuan berikutnya dapat diberikan kembali kepada kelompok yang belum dapat.

Sudirman juga mengatakan, untuk menampung ikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) saat ini sudah difungsikan maksimal. Apalagi sudah dikelola pihak swasta sejak Desember 2017 lalu. Semua ikan hasil tangkapan nelayan dapat diantarkan ke TPI untuk dibeli.

Reporter: Nia
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...