Tak Punya Guru, Proses Belajar Mengajar SMA Runduma Wakatobi Berhenti

Pulau Runduma

Wakatobi, Inilahsultra.com – Warga Desa Runduma Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi menggelar musyawarah desa, 2 Maret 2018 lalu. Hal itu dilakukan untuk membahas sistem pendidikan sekolah menengah atas (SMA) yang sudah tidak berjalan.

Ketua Forum Pemerhati Pendidikan Desa Runduma La Susi mengatakan, proses belajar mengajar di sekolah yang ada di pulau itu sudah tidak berjalan. Guru di sekolah itu sudah tidak ada sehingga para siswa terlantar.

Kondisi tersebut sudah berlangsung sekitar 1 tahun. Makanya, banyak siswa yang memilih pindah sekolah meninggalkan Pulau Runduma.

“Kami meminta kepala sekolah agar memperhatikan sekolah ini. Sehingga para peserta didik tidak terlantar dan bisa belajar,” ungkapnya via telepon, Rabu 7 Maret 2018.

La Susi berharap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra agar bisa mencari solusi terkait persoalan itu. Salah satunya bisa mengangkat guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Atau memberdayakan masyarakat setempat yang berlatar belakang sarjana pendidikan untuk mengajar.

“Kami berharap kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra dan Dinas Pendidikan Kabupaten Wakatobi agar peduli dengan pendidikan yang ada di Desa Runduma ini,” harapnya.

Dalam musyawarah tersebut dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa Runduma, Badan Perwakilan Desa (BPD), anggota komite sekolah, dan tokoh masyarakat.

Reporter: La Ode Samsuddin
Editor: Din

Leave a Response