Bijak Menggunakan Media Sosial ala Pj Gubernur Sultra

Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi.

 

Kendari, Inilahsultra.com – Di era digital ini media sosial menjadi satu hal yang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial seperti facebook sekedar berbagi berbagai hal yang dianggap menarik.

Penggunaan aplikasi facebook memungkinan siapa saja dapat bersosialisasi dengan lebih banyak orang dan dengan berbagai latar belakang. Berbagi berbagai hal yang dianggap menarik simpatik publik maya.

Seperti dilakukan Pj Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi. Sosok pejabat eselon I  Kemendagri ini dikenal aktif memanfaatkan aplikasi facebook sebagai sarana komunikasi dan publikasi hal positif.

Pria kelahiran Banyumas 51 tahun silam ini bercerita, dahulu, memanfaatkan facebook sekedar bersosialisasi, menambah jaringan pertemanan dan relasi. Kini, sebagai pejabat negara, layanan  medsos dijadikan sarana efektif menunjang kinerja.

Sang istri yang kini menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, Isma Teguh Setyabudi diakui cukup memahami cara komunikasi via media digital dipilih Teguh selaku Gubernur Sultra.

Menurutnya facebook seperti pisau. Asal digunakan secara bijak maka akan mendatangkan faedah yang besar bagi publik. Begitupun sebaliknya. Inilah yang selalu diingatkan Isma Teguh Setyabudi pada sang suami.

“Dulu saya pernah diingatkan istri terkait facebook. Hal itu jadi masukan buat  saya untuk menggunakan facebook dengan lebih bijak. Bukan dalam konteks melarang,” urai Teguh.

Teguh mengingatkan masyarakat agar bijak dan santun memanfaatkan Facebook. Tidak menjadikannya sebagai ajang pamer bersifat riya.

Terlebih menyebar berita hoax atau hal bernada ujaran kebencian. Apalagi ditahun-tahun politik saat ini dimana status facebook rawan memicu persepsi negatif.

“Pernah ada postingan kunjungan BKKBN. Ada pose bersama dua jari ditafsirkan berbeda. Padahal ini dalam konteks mengampanyekan program BKKBN dua anak cukup. Ini menjadi pembelajaran juga bagi saya agar lebih selektif,” cerita Teguh soal pengalaman unggahannya yang sempat mendapat sorotan.

Beberapa postingan di lini masa facebook Teguh, memang banyak memposting kegiatan pemerintahan yang tengah dijalani. Ada pula aktivitas liburan yang bertujuan mengampanyekan keindahan pariwisata Sultra, provinsi yang kini dipimpinnya.

Sesekali ia memotret kondisi kumuh beberapa sudut Kota Kendari, Ibukota Provinsi Sultra. Potret ini diunggah sebagai kontrol dan kritik agar instansi penanggung jawab masalah kebersihan kota bergegas. Termasuk mengingatkan masyarakat agar lebih peduli pada lingkungan.

Teguh begitu luwes menyapa folowersnya dari berbagai kalangan di dunia maya. Tak ayal, akun facebook Pj Gubernur Sultra itu selalu ramai oleh komentar positif bernada dukungan atas kinerja dan terobosan dilakukan Teguh selama mengawal pemerintahan di Sultra.

Bagi Teguh, media sosial sangat penting mendengarkan aspirasi masyarakat dari berbagai pelosok kabupaten/kota di Bumi Anoa yang belum sempat disambanginya selama hampir sebulan menjabat Pj Gubernur Sultra.

Penulis: Siti Marlina
Editor  : Jumaddin Arif

Leave a Response