Target Buton Bebas Cacing, 14 Puskesmas Diberi Pelatihan

Sumardin

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buton memberikan sosialisasi pemberian obat kecacingan bagi pengelola program Puskesmas. Kegiatan ini diikuti pengelola program kecacingan pada 14 Puskesmas di Kabupaten Buton.

Kepala Dinkes Buton Sumardin mengatakan, salah satu program presiden Indonesia melalui dinas kesehatan adalah anak Indonesia bebas cacingan. Sehingga melalui program kecacingan pemerintah akan berupaya agar warga Buton tidak ada yang cacingan.

“Untuk program kecacingan ini petugas akan sweeping. Berkunjung dari rumah ke rumah ataupun di Puskesmas mensosialisasikan kepada warga program kecacingan sekaligus memberikan obat cacing gratis,” ujarnya, Senin 12 Maret 2018.

Menurut dia, program ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi untuk orang dewasa juga. Makanya pihaknya mengimbau kepada semua warga agar setiap tahun dua kali meminum obat cacing. Sekalipun di Buton belum ditemukan kasus penyakit cacing yang berat.

Sumardin menjelaskan, cacingan jangan dianggap sepele. Jika ada anak susah makan, rewel dan malas, segera periksakan ke petugas kesehatan. Hal itu merupakan gejala cacingan. Warga tidak perlu kuatir dengan program kecacingan, karena akan diberi obat cacing gratis.

Reporter: Nia
Editor: Din

Leave a Response