Kondisi Miris Stadion Dayung Sampai ke Telinga PJ Gubernur Sultra, Ini Instruksinya

238
PJ Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi.

Kendari, Inilahsultra.com – Informasi mengenai kondisi miris Stadion Dayung Sultra di Kendari Beach sampai juga ke telinga PJ Gubernur Sulawesi Tenggara, Teguh Setyabudi. Sempat melihat langsung parahnya sarana olahraga pencetak atlet dayung andalan Indonesia di laga internasional, Teguh pun bergerak cepat.

Dalam rapat koordinasi lintas sektor bersama seluruh Kepala SKPD Pemprov Sultra, Selasa, 13 Maret 2018, Teguh memerintahkan alokasi anggaran guna rehabilitasi fisik Stadion Dayung Sultra.

Instruksi ini disampaikan langsung pada Dinas Pemuda dan Olahraga Sultra serta Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra yang hadir dalam Rapat Koordinasi Jilid II SKPD Pemprov Sultra di Rujab Gubernur Sultra.

“Beliau minta dimasukkan ke perubahan anggaran. Akan dilihat dari dana Silpa. Minta agar ini disegerakan. Termasuk juga Lapangan Lakidende. Kedua sarana olahraga ini jadi prioritas,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Sultra, H Kusnadi pada jurnalis inilahsultra.com di Rujab Gubernur Sultra.

Seperti dirilis inilahsultra.com, sejak didirikan sekitar tahun 1985, Stadion Dayung dibiarkan terlantar tanpa upaya maintanance dari pemerintah. Alhasil fisik bangunan bersejarah pencetak atlet nasional ini aus dimakan rayap.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengakui, revitalisasi sarana olahraga itu membutuhkan anggaran yang tak sedikit.

“Mesti direhab total. Karena sudah tidak bisa lagi dipertahankan yang sekarang. Perkiraan sekitar Rp 4 Miliar. Itu jika dibangun permanen dan perluasan sedikit arena,” ujar Pahri diwawancara disela kegiatan bersih-bersih Teluk Kendari.

Tak terhitung jumlah medali emas disumbang pedayung yang dibina dari pusat pelatihan atlet tersebut. Bukan hanya membawa nama Sultra di laga pertandingan nasional, atlet dayung Bumi Anoa melegenda hingga kanca internasional.

Sejarah mencatat pedayung Sultra menjadi andalan Indonesia dalam berbagai laga dayung di even olahraga internasional. Sayangnya, prestasi ini menyulut keprihatinan setelah melihat fakta pusat pelatihan atlet di Stadion Dayung Sultra yang nyaris ambruk tak terurus.

Baca Juga :  Tolak Permintaan Liverpool, Salah Tetap Puasa di Final Liga Champions

Reporter : Siti Marlina

Editor      : Aso

Silahkan berikan komentar

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here