Pemkab Buton Siapkan Anggaran Rp 1 Miliar Bangun Spot Wisata di Wabula

Plt Bupati Buton La Bakry (Kiri) saat meninjau Pantai Wabula, Senin 26 Maret 2018.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten Buton mengangganggarkan Rp 1 Miliar untuk membangun spot wisata di kawasan Pantai Topa Kecamatan Wabula. Rencananya spot wisata itu akan dikerjakan pada tahun ini.

Plt Bupati Buton La Bakry mengatakan, salah satu item yang akan dikerjakan adalah pembangunan gazebo.

-Advertisement-

“Sebenarnya sudah lama kita merencanakan pembangunan pariwisata namun kita masih harus membebaskan lahannya dulu,” ujarnya, Senin 26 Maret 2018.

Setelah pembebasan lahan, lanjut La Bakry, tahap awal akan dibangun gazebo disepanjang pantai untuk menarik wisatawan. Apalagi pantai tersebut dekat dengan Kabupaten Wakatobi yang sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata di Indonesia.

“Dari Wakatobi ke Buton hanya dua jam. Makanya pemerintah membangun kawasan wisata di pantai untuk menarik wisatawan,” ujarnya.

Kata La Bakry, spot wisata yang dibangun bukan hanya untuk wisatawan asing, melainkan juga untuk warga lokal yang ingin liburan.

Plt Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Buton Manafu mengatakan, sekitar 4 hektar lahan Pantai Topa Wabula yang akan dibebaskan dalam bentuk hibah. Pemerintah daerah hanya membayar ganti rugi tanaman.

“Ada sekitar 400 kelapa yang akan dibayar namun anggarannya tergantung hasil rapat dari masyarakat dan perangkat desanya,” sambungnya.

Setelah dibebaskan, maka pemerintah daerah sudah bisa membangun untuk fasilitas umum dan pariwisata.

Reporter: Nia
Editor: Din

Facebook Comments