Pemkab Buton Akan Bangun Gedung Sentral IKM dan UKM di Wabula

549
Plt Bupati Buton La Bakry ketika meninjau lokasi gedung sentral IKM dan UKM Buton di Desa Koholimombono Kecamatan Wabula, Selasa 27 Maret 2018.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton akan membangun gedung sentra industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) di Desa Koholimombono Kecamatan Wabula. Gedung itu sebagai penyanggal wisata.

-Advertisements-

Kadis Perindustrian Buton Sadisu mengatakan, Gedung sentral IKM dan UKM itu anggarannya bersumber dari APBN dan akan mulai dikerjakan tahun 2018 ini.

“Gedung ini nantinya akan digunakan semua daerah untuk pembuatan industri perikanan,” ujarnya ketika meninjau lokasi pendirian gedung sentral IKM dan UKM, Selasa 27 Maret 2018.

-Advertisements-

Menurut Sadisu, sebelum menetapkan lokasi pembangunan, sudah dilakukan kajian terlebih dahulu. Salah satu alasannya karena lokasi itu dekat dengan pasar dan dekat dengan masyarakat nelayan serta penampungan ikan.

Plt Bupati Buton La Bakry mengatakan, rencananya sentral IKM dan UKM ini akan jadi penyangga wisata bagi wisatawan yang singgah di Wabula. Sehingga para wisatawan bisa membeli hasil perikanan di tempat tersebut.

“Nantinya ini akan menjual berbagai olahan ikan bukan hanya untuk ole-ole. Kedepan akan dibangunkan rumah makan,” ujarnya.

La Bakry berharap, olahan ikan itu bisa dijadikan sentral penjualan bakso atau makanan berbahan ikan. Misalnya nugget dan abon.

“Kedepan akan dibangun gedung seluas 1 hektar untuk bangungan 100x100m,” ujarnya.

Dengan pembangunan sentral IKM dan UKM, terang La Bakry, Wabula tidak akan lagi terisolasi. Daerah tersebut akan semakin ramai, termasuk daerah-daerah pesisir lainnya.

Reporter: Nia
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...