Soal Sampah Pantai Katembe, Dispar Buteng Diminta Bertanggung Jawab

643
Pantai Katembe di Kabupaten Buton Tengah dipenuhi sampah.

Labungkari, Inilahsultra.com – Banyak sampah yang mengepung objek wisata Pantai Ketembe di Desa Madongka Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kini mendapat tanggapan dari aktifis pencinta alam Kepulauan Buton.

Hal ini terjadi menyusul kurangnya perhatian serius dari instasi terkait soal kebersihan objek wisata pantai kebanggaan masyarakat Buteng tersebut.

- Advertisement -

Aktifis pecinta alam kepulauan Buton, Mahardika SH mengatakan, Dinas Pariwisata (Dispar) Buteng harus bertanggung jawab soal sampah itu.

Selain Dispar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga disebut-sebut sebagai instansi yang berkaitan dengan hal ini. Sampah yang ada di objek wisata itu harus menjadi perhatian serius kedua instansi ini.

“Sebagai instansi yang bertanggung jawab di pemerintahan Buteng, dua dinas ini harus bertanggung jawab atas sampah ini. Apalagi bila mau mendatangkan pendapatan bagi daerah. Kalau kondisi wisatanya tidak elok begitu,” ujar Mahardika.

Dia mengatakan, pemerintah daerah perlu memberikan penyadaran kepada masyarakat setempat soal pengelolaan sampah. Bila perlu mengajak masyarakat membersihkan sampah itu.

“Harus ada tindakan cerdas dan preventif yang dilakukan untuk mengurangi sampah dan jangan langsung menjastis diri bahwa saya harus pungut-pungut sampah,” terang Mahardika.

Soal sampah yang berserakan ini, Bupati Buteng H. Samahuddin mengaku, sampah yang ada di Pantai Katembe merupakan sampah kiriman dari daerah tetangga yang di bawa arus hingga ke pantai itu.

“Itu sampah kiriman,” singkatnya

Samahuddin berjanji, pihaknya tetap akan membersihkan beberapa objek wisata yang ada di Buteng untuk menjadi destinasi wisata unggulan.

“Bukan hanya Katembe. Saya akan bersihkan termasuk destinasi wisata yang ada di Buteng kita akan bersihkan semua,” ungkapnya.

Reporter: Anto
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...