Antisipasi Banjir di Kecamatan Bungi, BPBD Baubau Bangun Talud

329
Muslimin Hibali
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Banjir yang sering melanda Kecamatan Bungi Kota Baubau, membuat Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau membangun Talud sungai. Namun talud tersebut dirasa belum cukup untuk mengantisipasi banjir.

-Advertisements-

BPBD Kota Baubau sendiri kembali mengusulkan anggaran ke Pemerintah Pusat untuk melanjutkan dan memperpanjang pembangunan talud yang ada di Kecamatan Bungi.

“Kami sudah buatkan talud sungai mulai dari Ngkaringngkaring menuju Liabuku tetapi baru 500 meter. Dan akan kami lanjutkan lagi agar talud tersebut sampai di Kelurahan Liabuku,” tutur Kepala BPBD Baubau, La Ode Muslimin Hibali.

-Advertisements-

Muslimin mengaku telah mendapatkan signal terkait anggaran yang diusulkan untuk pembuatan talud lanjutan itu. Jika telah mendapatkan jawaban, dipastikan bulan April ini akan ada penandatangan MoU (Memorandum of Understanding).

“Mungkin bulan empat ini ada jawaban. Kalau itu jadi, berarti Wali Kota Baubau harus menandatangani MoU dengan BNPB RI. Anggaran yang kita usulkan untuk talud sungai sebesar Rp 4 miliar,” ujarnya.

Kata dia, anggaran yang diusulkan ke pusat bukan hanya untuk Kecamatan Bungi tetapi ada juga untuk Kecamatan Kokalukuna khusus Pulau Makassar (Puma). Dengan itu, total semuanya lima titik lokasi yang akan dibangun talud.

“Memang kami usul itu banyak, ada lima lokasi, satunya di Kecamatan Kokalukuna untuk Pulau Makassar (Puma), dengan usulan anggaran sebesar Rp 47 miliar,” katanya.

Hanya saja, lanjut Muslimin, dari anggaran yang diusulkan sebesar Rp 47 miliar tersebut, pemerintah pusat memberikan setengah dari jumlah usulan.

“Kurang lebih Rp 20 miliar yang akan diturunkan. Jadi kita akan bagi-bagi untuk lima titik untuk talud yang akan dibangun di dua kecamatan ini (Bungi dan Kokalukuna),” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...