Hari Ini Terakhir Paslon Serahkan Laporan Dana Kampanye ke KPU Baubau

304
 

Baubau, Inilahsultra.com – Lima Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau harus menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) ke KPU Baubau, hari ini Jumat 20 April 2018. LPSDK itu wajib dilaporkan karena hari terakhir.

“Hari ini batasnya,” ungkap Komisioner KPU Baubau, Edi Sabhara di ruang kerjanya.

- Advertisement -

Setelah menerima laporan, kata Edi, akan diaudit dan diumumkan kepada masyarakat. Pengumuman akan dilakukan, Sabtu 21 April 2018.

“Kita akan tempel di papan informasi KPU,” katanya.

Menurut Edi, jika ada sumbangan melebihi regulasi, Paslon dilarang keras menggunakan dana tersebut. Pasalnya, akan disetor ke Kas Daerah atau Kas Negara. Sesuai regulasi, sumbangan perorangan tidak boleh melebihi Rp 75 juta dan perusahaan Rp 750 juta.

“Misalnya, perorangan menyumbang Rp 80 juta. Berarti yang hanya bisa digunakan sebesar Rp 75 juta, sisanya yang Rp 5 juta harus disetor ke Kas Negara,” ucapnya.

Ia menegaskan, setiap Paslon wajib melapor ke KPU Baubau terkait kelebihan sumbangan dana kampanye yang diterima. Jika tidak, sanksi pun menanti para Paslon.

“Konsekuensinya itu bisa pembatalan, jika Paslon tidak melaporkan kelebihan sumbangan dana kampanyenya,” tegasnya.

Paslon memiliki tiga kali kewajiban melaporkan dana kampanye, mulai dari laporan dana kampanye melalui rekening khusus 12 Februari lalu dan LPSDK 20 April hari ini. Kemudian laporan terakhir dana kampanye pada 24 Juni mendatang.

“Jadi 24 Juni nanti, mereka harus melaporkan penerimaan dan pengeluaran sumbangan dana kampanye (LPPSDK) kepada kami (KPU). Dan laporan pada 24 Juni itu sudah merangkum semua laporan mulai dari tahap pertama hingga tahap kedua hari ini,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...