Calon DPD RI Mulai Serahkan Dukungan di KPU Sultra

639

KPU Sultra melakukan verifikasi terhadap jumlah dukungan yang diserahkan calon anggota DPD RI.

Kendari, Inilahsultra.com – Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mulai menyerahkan jumlah dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Minggu 22 April 2018.

- Advertisement -

Anggota KPU Sultra Tina Dian Ekawati Taridala mengaku, berdasarkan jadwal, hari ini, 22 April 2018, merupakan awal penyerahan jumlah dukungan calon DPD.

“Sesuai jadwal, penyerahan jumlah dukungan ini sampai 26 April 2018 pukul 00.00 WITA di Helpdesk KPU Sultra,” ungkap Tina Dian Ekawati Taridala.

                       

Hingga pukul 15.30 WITA, sudah ada lima orang yang melakukan registrasi menyerahkan syarat dukungannya. Yakni, La Ode Rafiuddin, Rustam Silondae, Nurholis, Wa Ode Hamsina Bolu dan La Ode Dedy Kaimoeddin.

Kemudian, pada paginya, Senin 23 April 2018, ada Muhammad Jafar. Ia didampingi oleh pendukungnya saat datang menyerahkan jumlah dukungan.

“Di hari pertama pendaftaran ada beberapa calon DPD yang sudah menyerahkan jumlah dukungan,” ungkap Tina Dian Ekawati Taridala.

Tina menjelaskan, sebelum penyerahan dukungan, para calon DPD lebih dulu mengambil akun ke KPU Sultra. Saat ini, sudah ada 71 orang yang mengambil akun.

Setelah akun dan mandat LO dikeluarkan oleh KPU, calon DPD menyerahkan dokumen dukungan hingga 26 April 2018.

Jumlah dukungan yang harus diserahkan calon adalah minimal 2 ribu yang tersebar 50 persen kabupaten atau kota di Sultra.

“Jumlah dukungan KTP ini akan kami lihat apakah sesuai dengan sistem informasi perseorangan peserta pemilu dan hard copinya,” ujarnya.

Bila sudah sesuai antara SIPPP dan hard copy serta memenuhi jumlah disyaratkan, kata Tina, maka KPU akan menerbitkan surat tanda terima.

Baca Juga :  DPT Pilgub Sultra Berjumlah 1.628.320, Konsel Paling Banyak

“Nanti penelitian administrasi akan dilakukan mulai 27 April sampai 10 Mei 2018,” bebernya.

Sedangkan untuk pendaftaran calon DPD, KPU membuka selama tiga hari, 9 Juli sampai 11 Juli 2018.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...