Tina Nur Alam Bersama Dinkes Kota Kendari Ajak Masyarakat Terapkan Gerakan Hidup Sehat

493
Anggota DPR Tina Nur Alam berpose bersama Asisten II Pemkot Kendari Kasman Arifin serta jajaran Pemerintah Kota Kendari usai kegiatan sosialisasi Germas, Rabu 9 Mei 2018.

Kendari, Inilahsultra.com – Dinas Kesehatan Kota Kendari bersama anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Tina Nur Alam mengajak masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya warga Kota Kendari untuk selalu melakukan gerakan hidup sehat.

Ajakan tersebut disampaikan saat sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di salah satu Hotel Kota Kendari, Rabu, 9 Mei 2018.

- Advertisement -

Pada kesempatan itu, Tina Nur Alam mengatakan, Germas merupakan kebijakan pemerintah pusat yang di kemas dalam bentuk kegiatan terpadu dan terkonsep. Itu harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup.

Dijelaskannya, hidup sehat dapat dilakukan dengan cara melaksanakan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban bersih.

“Saya mengajak semua masyarakat Sultra, harus kita sukseskan masyarakat hidup sehat dengan melakukan kegiatan fisik 30 menit setiap hari. Kemudian mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan kesehatan diri secara rutin,” katanya.

Anggota DPR RI Fraksi PAN ini mengungkapkan, Sosialisasi Germas dapat meningkatkan partisipasi dan peran sera masyarakat dalam membiasakan diri untuk hidup sehat. Selain itu, dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, mengurangi beban biaya kesehatan serta mengajak masyarakat untuk berpikir positif.

“Dengan kegiatan Germas ini, harus kita mulai dari diri kita sendiri, keluarga kita. Mengajak lingkungan kita kepada seluruh masyarakat terhindar dari penyakit menular maupun tidak menular,” himbaunya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum menjelaskan, Germas ini merupakan program langsung dari Kementerian Kesehatan, yang dilakukan serentak yang menyentuh langsung dengan masyarakat, dan mendorong masyarakat untuk berprilaku bersih dan sehat

“Ada tiga indikator utama yang harus kita sosialisasikan kepada masyarakat yakni melakukan aktivitas fisik setiap hari selama 30 menit, perbanyak makan buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin,” ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi Germas ikut dihadiri  Asisten II Pemkot Kendari Kasman Arifin, serta tamu undangan sebanyak 200 orang.

Reporter : Haerun

Editor     : Aso

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...