Jelang Ramadan, Rusda Mahmud Ziarah Makam Sangia Nibandera

Bacakan

Rusda Mahmud 

Kendari, Inilahsultra.com – Calon Gubernur Sulawesi Tenggara Rusda Mahmud disampingi sang istri Nurfaeda Rusda Mahmud mengunjungi Makam Raja Sangia Nibandera di Kolaka, Rabu sore 16 Mei 2018.

-Advertisement-

Bagi warga Kolaka dan sekitarnya, makam tersebut dijadikan sebagai tempat wisata religi. Sebab, Sangia Nibandera ini adalah raja pertama bagi masyarakat Mekongga yang memeluk agama Islam serta menyebarluaskannya di tanah Kolaka.

Didampingi tokoh masyarakat Suaib Babolo dan Said Manjad, rombongan Rusda Mahmud disambut Raja Mekongga ke-13 Haerun Dahlan dan Muja juru kunci Makam Sangia Nibandera.

Usia makam raja tersebut diperkirakan sekitar 300 tahun. Demikian pula dengan sejumlah pohon besar jenis kapuk hutan yang menjulang tinggi disertai ribuan akar yang sudah memenuhi sekitar kawasan makam, diperkirakan seumur dengan makam raja tersebut.

Menurut Suaib Babolo, agenda 2 hari Rusda Mahmud di Kolaka selain blusukan di pasar tradisional, ziarah makam, juga bertemu tokoh masyarakat untuk menyatukan pemikiran bersama untuk pembangunan Sultra ke depan.

Artinya banyak pembenahan yang harus dilakukan. Saran dari para tokoh ini sangat diharapkan karena bisa dijadikan bekal untuk menata Sultra ke depan. (Rilis Tim Rusda Mahmud-LM Sjafei Kahar).

Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments