Politikus PDIP Minta Hasil Survei Indo Barometer Ditanggapi Secara Dewasa

Rais Jaya Rachman
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Wakil Ketua DPC PDIP Kota Baubau, Rais Jaya Rahman menilai tim pemenangan Roslina-Yasin, La Ode Zainal Aslan kurang dewasa dalam mmenyikapi hasil Survei Indo Barometer yang dirilis ke publik.

Menurut Rais, Aslan seharunya menyikapi hasil survei tersebut dengan menyajikan data pembanding yang lebih detail sebagaimana yang dilakukan Indo Barometer. Sebab, Indo Barometer tidak main-main mempublikasi hasil surveinya, karena ini pertaruhan kredibilitas.

-Advertisement-

Sebelumnya, La Ode Zainal Aslan, saat menggelar konferensi pers, 17 Juni 2018, menyatakan hasil survei internal Tim Rossy, berbeda dengan hasil survei Indo Barometer.

Terkait hal tersebut, Rais menyatakan, publik tak bisa menilai apa yang disampaikan Aslan, bahwa Pasangan Tampil Manis itu berada di bawah Rossy. Alasannya, Aslan bukanlah salah satu orang yang punya legalitas untuk menyampaikan itu.

“Sehingga saya anggap ini kurang dewasa, mungkin teman-teman ini merasa terganggu akibat dari publikasi Indo Barometer,” kata Mantan nggota DPRD Baubau ini.

Kata Rais, dalam pesta demokrasi siapaun orang di Kota Baubau yang merasa sebagai politikus, harusnya melakukan pendewasaan terhadap masyarakat tentang pesta demokrasi.

“Dikandung maksud, bahwa apa yang kita sampaikan, keterangan-keterangan kita melalui publikasi itu menyangkut kualitas diri kita,” katanya.

Semestinya, lanjut Rais, jika tim pasangan Rossy ingin melakukan komplain atau sanggahan terhadap publikasi yang dilakukan Indo barometer, harusnya menyampaikan melalui lembaga survei lainnya yang memiliki legalitas, tidak disampaikan secara personal.

“Kalau Aslan menyampaikan hal itu secara personal, saya menganggap statemen Aslan Asis itu berindikasi melakukan pembohongan terhadap publik, karena dia tidak punya keilmuan di wilayah itu. Dia bukan salah seorang yang kompetenn untuk merincikan itu, dia juga bukan mewakili salah satu lembaga resmi yang menangani tentang lembaga survei,” kata Rais.

“Sehingga harapan saya, kalau pun ingin menyanggah hasil survei yang dipublis Indo Barometer yang mengunggulkan Tampil Manis, dia lakukan secara profesiaonal sebagai bentuk langkah pendewasaan kita terhadap pesta demokrasi, karena ini menyangkut kualitas diri kita,” ujarnya.

Editor: Din

Facebook Comments