Mau Jadi Caleg di Buton, Penuhi 21 Syarat Ini

764
Ketua KPU Buton Burhan saat menyerahkan DPS ke PPK se Kabupaten Buton, Sabtu 24 Maret 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ratusan calon anggota legislatif (Caleg) Kabupaten Buton mulai melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi syarat agar dapat mengikuti pemilihan anggota DPRD Buton pada 2019 mendatang.

Ketua KPU Buton Burhan mengatakan, ada 21 poin yang harus dipenuhi para caleg sebagai syarat mengikuti pemilihan anggota DPRD Buton 2019 mendatang.

- Advertisement -

Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi itu diantaranya warga negara Indonesia minimal berusia 21 tahun, tidak pernah di pidana, berbadan sehat baik jasmani rohani dan bebas narkoba, terdaftar sebagai pemilih, mengundurkan diri sebagai kepala desa, gubernur wali kota/bupati, ASN, TNI, Polri, karyawan BUMN, hanya mendaftar pada satu parpol, mengundurkan diri sebagai anggota DPR, DPRD yang dicalonkan dari Parpol berbeda.

Kata dia, semua persyaratan wajib dipenuhi. Jika tidak maka pencalonannya sebagai anggota DPRD Buton bisa dibatalkan. Persyaratan itu mulai diajukan kepada KPU Buton sejak tanggal 4-17 Juni 2018.

“Pengajuan bakal calon dilaksanakan 14 hari sejak 4-17 Juli di kantor KPU,” tuturnya.

Menurut Burhan, persyaratan tersebut diatur dalam Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Kemudian Peraturan KPU no 5 tahun 2018 tentang perubahan peraturan KPU no 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal. Selanjutnya peraturan KPU no 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Selama beberapa hari ini, Kantor Pengadilan Negeri Buton, Polres Buton, dan RSUD Buton ramai dikunjungi para Caleg yang mengurus surat berkelakuan baik, tidak pernah dipidana, berbadan sehat dan lainnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...