Partisipasi Pemilih saat Pilgub Sultra di Buton Capai 70 Persen

318
Burhan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Jumlah partisipasi pemilih saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra di Kabupaten Buton, 27 Juni 2018, capai 70 persen lebih. Angka ini dianggap cukup baik meskipun masih ada 30 persen yang memilih golput.

Ketua KPU Buton Burhan mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 71138 orang.

- Advertisement -

“Yang gunakan hak pilihnya 49848 orang, yang golput sebanyak 21290 orang. Namun angka ini lebih tinggi 0,17 persen dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, surat suara yang dikirim ke TPS sebanyak 72544 lembar yang tidak digunakan 22681 dan yang tidak sah sebanyak 651 lembar. Kondisi ini terjadi kemungkinan masih ada warga yang tidak tahu cara mencoblos ataupun ada faktor lain.

“Kita belum tahu kenapa ada banyak warga yang tidak memilih atau sudah memilih tapi tidak sah harus dianalisis dulu,” terangnya.

Parahnya, lanjut Burhan, saat pemungutan suara ulang (PSU) 1 Juli lalu, ada sekitar 448 pemilih yang tidak hadir yang tersebar pada 11 TPS.

Meski begitu, kata Burhan, perlu disyukuri karena Pilgub Sultra berjalan lancar, tertib dan kondusif tanpa ada perpecahan panjang.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...