KPUD Muna Kembalikan Berkas Partai Berkarya, Ini Sebabnya

740
Ketua KPUD Muna, Kubais.

Raha, Inilahsultra.com– Berkas Bacaleg dari Partai Berkarya dikembalikan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna. Pasalnya, berkas yang diajukan belum memenuhi syarat yang telah ditentukan berdasarkan PerKPU  dalam pencalonan Anggota Legislatif tahun 2019.

Syarat yang belum dipenuhi tersebut yakni formulir B1 atau Daftar Caleg disemua Dapil dan keterwakilan perempuan, tidak ada.

- Advertisement -

Ketua KPUD Muna, Kubais ketika dikonfirmasi di ruangannya, Senin 16 Juli 2018 mengatakan, selain kurangnya keterwakilan Caleg disemua dapil dan keterwakilan perempuan tidak ada, masih ada juga permasalahan lain yang ditemukan pada partai politik tersebut.

“Dalam formulir tersebut yang dibubuhi tanda tangan ketua dan sekretaris politik. Partai ini bermasalah di AD/ART, ketuanya Pak Mustari sama dengan yang baru, sementara sekretarisnya yang lama Pak Asri yang digantikan Pak Baharuddin,” terang dia.

Dalam formulir yang diajukan itu yang bertanda tangan Asri. Sementara, jelas Kubais sudah ada sekretaris baru ialah Baharuddin.

“Atas dasar ini sehinga berkasnya dikembalikan,” ujarnya.

Dijelaskannya, persyaratan khusus yang harus dipenuhi setiap partai meliputi, dalam B1 harus memuat daftar calon keterwakilan perempuan bahwa setiap dapil minimal persentasenya 30 persen perempuan dan tiap 3 caleg ada keterwakilan perempuan 1 perempuan. Kemudian, B2 membuat pernyataan partai politik bahwa telah melakukan seleksi sesuai prosedur dalam AD/ART partai maupun B3 memuat fakta integritas partai politik.

Selanjutnya, jelas Kubais setiap partai diwajibkan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Calon (Silon). Namun, beberapa partai dikabarkan terkendala dalam mengakses server Silon, sementara ada juga partai lain mengungkapkan tidak mendapat kendala.

“Setiap partai politik diwajibkan menggunakan aplikasi Silon. Kalau ada partai yang menggunakan secara manual, pihaknya menunggu regulasi selanjutnya,” tuturnya.

Ia menegaskan, batas waktu penutupan waktu pendaftaran sampai Selasa besok 17  Juli 2018, pukul 24:00 Wita.

“Kalau waktu pendaftaran sudah selsai, tak ada kebijakan, mau teman atau siapapun tidak diikuti sertakan dalam pilcaleg,” tegasnya

Reporter : Iman
Editor      : Aso
Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...