Pemkab Buton Siapkan Anggaran Rp 200 Juta Pengadaan Seragam Hansip

Juriadin
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton menyiapkan anggaran pengadaan baju Hansip untuk persiapan pengamanan pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Kasat Pol PP Buton Juriadin mengatakan, untuk persiapan baju Hansip Linmas mendatang pihaknya sudah memprogramkan dengan anggaran sekitar Rp 200 juta.

Dia menjelaskan, anggaran tersebut untuk pengadaan baju kepada 426 Linmas. Namun hal ini masih akan dikoordinasikan dengan KPU Buton tentang jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dikwatirkan akan ada penambahan TPS dalam jumlah yang banyak.

Kalaupun nantinya hal itu terjadi, kata dia, maka bisa jadi baju Hansip tidak jadi disiapkan. Sehingga pengamanan TPS para Hansip akan diberikan lambang untuk membedakan dengan masyarakat.

“Kalau bajunya tidak jadi kita adakan maka kita akan beri lambang saja kepada mereka. Tapi kalau pemerintah daerah mengadakan maka disampaikan kepada para kepala desa agar Hansip tersebut juga orang yang sama saat pengamanan Pileg ataupun Pilpres,” ujarnya.

Kata dia, sebenarnya pemerintah daerah sering mengadakan baju Hansip. Hanya saja setiap pemilihan petugas Hansip diganti. Makanya kadang Hansip ada yang gunakan seragam ada yang tidak.

Pada Pileg nanti, lanjut dia, akan disampaikan kepada Kades agar saat Pileg maupun Pilpres petugas Hansip harus tetap sama.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments