Festival Budaya Tua Buton, Wisatawan Asing Meriahkan Lomba Dayung

432
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Salah satu rangkaian kegiatan Festival Budaya Tua Buton adalah lomba dayung. Sesuai rencana, kegiatan ini akan dimeriahkan turis asing.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buton Laode Zainuddin Napa mengatakan, para turis akan tiba di Pasarwajo pada bulan Agustus nanti, bersamaan dengan pelaksanaan Festival Budaya Tua Buton.

- Advertisement -

“Turis mancanegara akan datang menggunakan kapalnya dan berlabuh di Teluk Pasarwajo sekitar tanggal 20 Agustus, nanti kita akan libatkan mereka mengikuti lomba dayung,” terangnya.

Meski begitu, Zainuddin belum bisa memastikan berapa banyak turis dan kapal yacht yang akan singgah di Buton. Hingga saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dengan panitia.

“Untuk lokasi nanti di sekitaran Teluk Pasarwajo digelar,” ujarnya.

Dia berharap, melakui kegiatan itu, Kabupaten Buton semakin dikenal dunia. Sehingga bukan hanya aspal, tapi budaya dan pariwisata yang ada di daerah ini.

“Ada banyak lomba yang akan kita laksanakan. Selain lomba dayung ada lomba foto, lomba seni budaya, seni pencak silat, pedole-dole, sunatan, posuo, pekande-kandea, tari kolosal 5000 penari,” rincinya.

Selian lomba, kata Zainuddin, acara akan diawali dengan pameran keberhasilan pemerintah daerah selama setahun. Pada malam harinya akan dimeriahkan dengan penampilan artis ibu kota.

“Artis ibu kota akan memeriahkan acara selama tiga malam, salah satunya Aulia D’Academi,” tuturnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...