BPJS Kesehatan Baubau Gelar Senam Sehat

114
BPJS Kesehatan Baubau menggelar senam sehat, Minggu 29 Juli 2018.

Baubau, Inilahsultra.com – BPJS Kesehatan Cabang Baubau menggelar senam sehat tari kolosal di Lapangan Stadion Betoambari, Minggu 29 Juli 2018. Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari jadi BPJS Kesehatan ke 50 ini diikuti seluruh mitra BPJS.

Kepala BPJS Kesehatan Kota Baubau Tutus mengatakan, senam sehat tari kolosal merupakan wujud nyata dukungan BPJS Kesehatan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Selain itu kegiatan hari ini adalah rangkaian kegiatan menyambut Asian Games XVIII sekaligus merayakan HUT BPJS Kesehatan yang ke-50.

“Disini kita hadir dalam kegiatan fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, stakeholder terkait, hingga para Duta BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Lanjut Tutus, melalui kegiatan ini pihaknya ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya menerapkan pola hidup sehat.

“Cukup dengan senam rutin setiap pagi, kita sudah bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun kita sehingga tidak mudah sakit. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku sehat sehari-hari,” bebernya

Ia berharap, jumlah peserta JKN-KIS yang sakit bisa menurun, sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif preventif yang dilakukan agar masyarakat tetap sehat.

Menurut Tutus, tahun 2017, biaya yang dihabiskan untuk penyakit katastropik telah mencapai Rp 18,4 triliun atau 21,8% dari total biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, BPJS Kesehatan juga fokus menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif yang dilaksanakan. Sementara bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif perorangan peserta JKN-KIS.

Pada acara ini, dihadiri pula sebanyak 21 klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang tersebar di FKTP Kerjasama BPJS Kesehatan se-Kota Baubau.

Baca Juga :  Kendari Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan.

Selain kegiatan senam sehat kolossal, dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pula kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan oleh mitra kerja BPJS Kesehatan.

Reporter: LM Arianto

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here