Ijasah Alumni UHO Tak Terdaftar di Dikti, Kepala UPT-Pustik Salahkan Jurusan

3313
Kepala UPT-Pustik Universitas Haluoleo (UHO) Kendari La Ode Midy

Kendari, Inilahsultra.com – Hingga saat ini, sudah ribuan alumni yang datang mengeluh ke UPT Pustik Universitas Halu Oleo (UHO) terkait nomor seri ijasahnya belum terdaftar di Forum Laporan Pendidikan Tinggi (Forlap Dikti).

Kepala UPT-Pustik Universitas Haluoleo (UHO) Kendari La Ode Midy tidak mau disalahkan soal itu.

Ia menyebut, ini merupakan salah satu kelalaian atau kesalahan masing-masing jurusan dan program studi.

Seharusnya, kata dia, masing-masing jurusan dapat melaporkan nomor seri ijasah setiap akhir semester di Forlap Dikti melalui Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED).

Ia mencontohkan, apabila ada mahasiswa yang selesai tahun 2015 semester 1, maka mahasiswa tersebut harus dilaporkan pada semester 2 berikutnya di periode tahun 2015.

“Ketika mahasiswa status lulus seharusnya nomor seri ijasahnya sudah diinputkan di forlap dikti oleh jurusan atau program studi ke pangkalan data,” kata La Midy di ruanganya, Kamis, 2 Agustus 2018.

Apabila periode pelaporan data mahasiswa tidak masuk tentu status mahasiswa masih aktif. Bahkan, walaupun sudah lulus tapi belum diinputkan nomor seri ijasahnya, maka data mahasiswa di pangkalan data belum masuk atau kosong.

“Jadi kalau belum masuk di pangkalan data otomatis belum ada juga di forlap dikti data-data mereka alumni yang belum diinput nimor seri ijasahnya,” bebernya.

Saat ini, lanjut dia, UPT-Pustik, telah menerima ribuan alumni yang datang melapor karena nomor seri ijasahnya tidak terdaftar di forlap dikti.

“Tiap hari kita menerima terus aduan alumni dengan hal yang sama dan saat ini belum kita jumlah berapa semua yang bermasalah,” ungkapnya.

Kepada para alumni yang sementara bermasalah untuk datang menyetor foto copi ijasah, transkip nilai dan KTP dan kalau yang sudah menyetor persyaratan tersebut untuk bersabar atau aktif mengecek nomor seri ijasah di Ristek Dikti melalui Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL).

Baca Juga :  UHO Lolos Semifinal Piala Kemenpora 2017

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here