Ketua DPD PAN Mubar Belum Terima Pengunduran Diri Tiga Anggota DPRD

864
 

Kendari, Inilahsultra.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Muna Barat La Ode Koso mengaku, belum menerima surat pengunduran diri tiga anggota DPRD Mubar Munarti, Abdul Samad dan Amiluddin.

Ketiganya, kata La Ode Koso, sudah menyatakan mundur dari PAN dan masuk di NasDem untuk maju di Pilcaleg 2019.

- Advertisement -

“Sampai saat ini, saya belum menerima surat pernyataan pengunduran diri dari ketiganya,” ungkap La Ode Koso dihubungi, Kamis 2 Agustus 2018.

Menurut La Ode Koso, pengunduran diri dari PAN merupakan syarat calon yang harus dipenuhi ketiganya. Bila tidak, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak menetapkan ketiganya dalam daftar calon sementara (DCS).

“Ketika surat itu masuk, maka kita akan keluarkan bukti tanda terima sebagai salah satu syarat yang diserahkan kepada KPU bagi anggota dewan yang pindah partai. Tapi, sampai saat ini kan saya belum keluarkan bukti tanda terima itu,” ujarnya.

Untuk itu, La Ode Koso mengingatkan KPU Mubar untuk hati-hati dalam mengambil keputusan. Sebab, secara jelas, ketiganya tidak memenuhi syarat untuk maju di Pilcaleg 2019.

“Saya ini akan memasukan surat ke KPU, ke Bawaslu dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Karena ini syarat Undang-Undang,” tegasnya.

Berdasarkan PKPU 20 Tahun 2018 dan Petunjuk Teknis KPU RI Nomor 876 Tentang Pedoman Teknis Pengajuan dan Verifikasi Anggota DPRD, anggota dewan yang maju pilcaleg dengan partai berbeda, maka wajib memenuhi beberapa syarat.

Setidaknya, ada empat syarat yang harus dipenuhi. Yakni, mengajukan surat pengunduran diri kepada pimpinan partai politik asal yang dibuktikan dengan tanda terima.

Kedua, surat pengunduran diri yang diajukan ke pimpinan DPRD yang dibuktikan dengan tanda terima pimpinan DPRD Mubar.

Surat keterangan dari sekretariat DPRD bahwa pemberhentiannya sementara diproses.

Surat pemberhentian dari DPRD Muna Barat yang ditandatangani oleh pejabat berwenang.

“Jika syarat ini tidak dipenuhi oleh yang bersangkutan, maka KPU tidak boleh meloloskan mereka sebagai caleg,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...