Pelayanan Dinilai Buruk, DPRD Muna Surati RSUD

283
 

Raha,Inilahsultra.com–  Pelayanan rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Muna kembali disorot. Kali ini datang dari mahasiswa gabungan dari HMI, GMNI dan BEM STIP Wuna yang mendatangi kantor DPRD setempat.

Mahasiswa menilai, manajemen RSUD Muna  buruk. Pasalnya .kerap kali menelantarkan pasie serta gaji para pegawai honorernya hingga saat ini belum dibayarkan. Olehnya itu, mereka menuntut agar direktur rumah sakit segera dicopot dari jabatannya.

- Advertisement -

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Muna, La Ode Dyirun yang ditemui usai menggelar hearing bersama para mahasiswa, Kamis, 2 Agustus 2018 mengaku, dirinya juga kesal terhadap manajemen RSUD Muna yang tidak menjalankan tugas secara maksimal.

“Pelayanan RSUD tidak bagus. Sehingga perlu dikawal bersama untuk memaksimalkan tugas dalam memberi pelayanan pada pasien,” katanya.

Terkait tuntutan para pendemo agar Direktur RSUD Muna Agus Susanto turun dari jabatannya, La Ode Dyirun menegaskan bukan domain lembaganya. Akan tetapi, legislatif hanya bisa memberikan rekomendasi pada Pemda Muna untuk menata manajemen RSUD.

“Dalam menyikapi manajemen RSUD, Kami (DPRD) akan menyurati Pemda Muna, Direktur RS, hingga Inspektorat sehingga tidak ada lagi keluhan persoalan layanan yang merugikan masyarakat,” janjinya.

Sementara persoalan para honorer RSUD Munq yang belum digaji hingga dana insentifnya belum terbayar pihaknya akan berusaha menganggarkan di APBD Perubahan tahun 2018.

“Gaji Honorer maupun dana insentif para tenaga kesehatan yang belum terbayar karena tidak masuk di APBD induk 2018. Namun telah disempati bersama Pemda Muna akan dianggarkan di APBD Perubahan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, keterlambatan pembayaran dana insentif merupakan kelalaian pihak RSUD yang ingin mandiri dengan membentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehingga anggaran tidak masuk lagi di RSUD.

“Karena dinilai belum bisa mandiri dengan membentuk BLUD, kami desak Pemda untuk memberikan anggaran pada rumah sakit,” tegasnya.

Reporter : Iman

Editor      : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...