KPU Mubar Sebut Syarat Pencalonan Tiga Anggota Dewan Pindah Partai Sudah Terpenuhi

278
 

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat menyebut syarat pencalonan tiga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna Barat yang pindah partai telah terpenuhi.

Ketiganya adalah Munarti, Abdul Samad dan Amiluddin.

- Advertisement -

Ketua KPU Mubar Awaludin Usa menyebut, berdasarkan PKPU 20 Tahun 2018 dan Petunjuk Teknis KPU RI Nomor 876 Tentang Pedoman Teknis Pengajuan dan Verifikasi Anggota DPRD, anggota dewan yang maju pilcaleg dengan partai berbeda, harus menyertakan empat syarat.

Adalah surat pengunduran dprd yang ditunjukan kepada pimpinan DPRD, bukti tanda terima dari pimpinan DPRD, surat keterangan dari pimpinan DPRD bahwa pemberhentian sedang diproses serta surat pengunduran diri dari keanggotaan partai yang dibuktikan dengan tanda terima.

Keempat syarat ini, kata Awal, telah diajukan oleh partai politik pengusungnya, NasDem, pada 31 Juli 2018 kemarin.

“Bukan cuman tiga tapi ke enam caleg onggota DPRD yang ajukan perbaikan itu lengkap dan saya sudah terima,” kata Awal.

Menurut Awal, dokumen yang diserahkan itu, tidak mungkin KPU tolak.

Bila ada pihak yang keberatan, maka ada ranahnya. Masyarakat atau partai politik bisa memberikan tanggapan pada 7-14 Agustus 2018.

“KPU juga akan melakukan verifikasi faktual terhadap berkas tersebut. Yang lengkap itu tidak mungkin kita tolak dan itu bagi kita menilai sudah sesuai dengan apa yang diminta oleh PKPU terkait dengan syarat calon bagi yang pindah partai,” katanya

Nantinya, keraguan itu, kata Awal, akan diklarifikasi oleh KPU ke partai pengusung, NasDem, apakah benar berkas itu atau tidak.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...