BPJS Sering Telat Lunasi Klaim, Tim Transisi AMAN Tawarkan Solusi Ini

486
 

Kendari, Inilahsultra.com – Tim Transisi Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) angkat suara terkait kabar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang acap kali telat melunasi klaim pada rumah sakit mitranya. Lembaga bentukan Gubernur/Wakil Gubernur Terpilih 2018 ini menyatakan miris melihat masalah kesulitan finansial dialami BPJS.

Seperti dirilis Inilahsultra.com, belum lama ini, Dirut BLUD RSUD Bahteramas, dr Yusuf Hamra terpaksa meminta sokongan dana dari pemeritah. Itu terjadi lantaran BPJS kembali telat menyelesaikan kewajiban pembayaran klaim. Permintaan talangan dana mesti dilakukan agar proses pelayanan kesehatan pada masyarakat di rumah sakit plat merah itu tetap berjalan.

- Advertisement -

Ketua Tim Transisi AMAN, La Ode Suryono mengatakan, harusnya BPJS mengantisipasi kejadian buruk tersebut.

Ia mengatakan pihaknya punya solusi agar lembaga BUMN itu bisa bangkit dari keterpurukan finansial.

BPJS, kata dia mesti berinovasi membetuk lembaga-lembaga kecil guna mengakomodir kepesertaan asuransi kesehatan masyarakat hingga ke level desa.

“Bikin atau kerjasama dengan lembaga resmi sampai ke desa-desa agar masyarakat mau gabung ke BPJS. Semacam lembaga ‘Masyarakat Peduli BOJS’. Mereka yang akan mengkoordinir dana kesehatan masyarakat. Formulanya diatur bagaimana agar masyarakat bisa rasakan layanan BPJS tapi juga tertib dengan kewajiban pembayaran asuransi,” ujar Suryono.

Peningkatan angka partisipasi masyarakat dan pola pengelolaan yang tepat dengan sendirinya akan menyehatkan struktur keuangan BPJS.

“Selama ini masyarakat kan bingung mau setor uang dimana. Kalau ada lembaga di bawah yang dipercaya pasti bisa maksimal,” cetus mantan Komisioner KPU Wakatobi itu.

Reporter : Siti Marlina

Editor     : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...