KPU Muna Barat Nyatakan Berkas Munarti Cs Memenuhi Syarat

664
 

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat akhirnya memastikan berkas pencalonan Munarti, Abdul Samad dan Amiluddin memenuhi syarat.

Sebelumnya, sempat terjadi riak terhadap keabsahan surat keterangan pengunduran diri mereka yang dikeluarkan oleh perangkat desa.

- Advertisement -

“Ia memenuhi syarat,” ungkap Ketua KPU Muna Barat Awaluddin Usa melalui pesan WhatsAppnya, Rabu 8 Agustus 2018.

Pihaknya, kata Awal, sudah melakukan langkah konfirmasi terhadap partai NasDem selaku partai pengusung ketiganya.

Hasil konfirmasi yang mereka dapatkan, pertama, ketiganya telah lebih dahulu diberhentikan tetap oleh PAN. Dengan nomor SK PAN/A/KPTS/KU-S/100/VII/2018 yg ditandatangani oleh ketua DPP Zulkifli Hasan dan Sekjen EDDY Soeparno.

“Dimana SK tersebut mulai berlaku pada 27 Juli 2018. Sementara ketiganya mengajukan pengunduran diri pada 30 dan 31 Juli. Menurut pandangan kami dengan lebih dahulu terbitnya SK pemecatan ketiganya maka permohonan pengunduran diri dari keanggotaan partai politik ke partai PAN sudah tidak perlu lagi dilakukan, karena SK pemecatan telah lebih dahulu keluar,” ungkap Awal.

Dalam keputusan SK itu disebutkan ketiganya dicabut kedudukan, hak dan statusnya sebagai anggota PAN, ditarik dari anggota DPRD Muna Barat.

“Dengan keluarnya keputusan tersebut, maka secara struktur kelembagaan sejak 27 Juli, ketiganya tidak ada lagi kaitannya dengan PAN,” jelasnya.

Berikutnya, ketiganya juga telah melakukan upaya sungguh-sungguh dengan menyerahkan surat pengunduran diri ke PAN pada 30 dan 31 Agustus, meski ditanggap itu tidak menemukan pengurus di Sekertariat PAN Muna barat.

Ia menyebut, dokumen pemenuhan syarat calon yang diserahkan ke KPU terdiri dari surat permohonan pengunduran diri dari keanggotaan partai politik dan DPRD, permohonan pengunduran diri yang ditujukan kepada pimpinan DPRD, tanda terima surat dari DPRD dan surat keterangan dari DPRD yang menerangkan bahwa pengunduran diri dalam proses.

“Kami juga dalam beberapa pertemuan dengan partai politik, baik itu sosialisasi maupun rapat koordinasi, selalu mendorong parpol untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya terkait dengan kondisi bacaleg yang diajukan, agar kami bisa menyampaikan pemenuhan syarat calon dengan kondisi caleg yang bersangkutan,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...