Urus Paspor Haji, JCH “Waria” Sempat Bikin Bingung Petugas Imigrasi : Mau Masuk Pria atau Wanita

2189
 

Kendari, Inilahsultra.com – Bukan hanya petugas Dakker Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang terkecoh oleh penampilan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kolaka Utara, Ari Bin Hadi.

Saat proses pengurusan haji di kota asalnya, Ari juga sempat membuat bingung petugas Imigrasi Sultra saat pengurusan paspor haji.

- Advertisement -

Seperti dituturkan Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sultra, Rahmad, pihak Imigrasi mengonfirmasi apakah CJH bersangkutan akan dimasukkan dalam kelompok pria atau wanita.

“Waktu urus paspor itu. Menurut informasi haji, pas ambil pengambilan gambar untuk paspor, ditanya mau masuk di pria atau perempuan di Imigrasi. Tetap laki-laki ,” tegas Rahmad.

Kemenag Sultra pun menegaskan tidak ada status waria dalam pengelompokkan rombongan haji. Yang ada hanyalah JCH pria dan perempuan.

Kemenag menegaskan, terbang ke Tanah Suci Ari bergabung bersama jemaah pria. Jemaah Kolaka Utara itu terbang di kloter 24 bersama total 214 rombongan JCH asal Sulawesi Selatan.

Rahmad tak menampik jika CJH bernama Ari memang sudah tampil beda dan nyentrik bak wanita saat proses pemberangkatan haji di Kendari.

“Kemenag hanya mengakomodir pria dan wanita. Tidak ada yang namanya waria. Kalau aneh memang iya. Yang bersangkutan datang pakai pakaian panjang. Potongan seragam batik haji yang dia pakai juga panjang sampai lutut,” jelasnya.

Untuk kostum seragam batik khas haji, para JCH memang diberi keleluasaan menjahit seragam haji sesuai desain diinginkan. Namun tetap dengan motif sama.

Jemaah pria umumnya memakai model koko. Ari sendiri memilih kostum panjang hingga selutut.

“Kain dibagikan. Jemaah jahit sesuai keinginan. Kalau pria banyakan model koko. Kalau itu pakai yang panjang sampai lutut. Pakai celana. Waktu beliau berangkat pakai songko (kopiah,red) seperti jemaah pria yang lain. Hanya kan memang kelihatan aneh dari yang lain. karena rambutnya pirang mungkin. Tapi tetap di rombongan pria,” jelas Rahmad.

CJH asal Kolaka Utara, Ari bin Hadi menjadi viral lantaran penampilan bak wanita saat menunaikan ibadah haji di Mekkah. Banyak yang terkecoh dengan penampakkan pria yang sehari-hari bekerja di salon kecantikan Soppeng Makkasar itu.

Diantaranya petugas Dakker PPIH Bandara King Abdul Azis, Jeddah Arab Saudi.

Saat rombongan CJH Kolut mendarat di Jeddah, seorang petugas menghampiri dan mengingatkan Ari agar bergabung bersama jemaah wanita.

” Eh, maaf, Pak. Iya, kalau laki-laki ganti ihramnya di sini saja,” kata petugas dikutip dari dream.co.id.

Penulis : Siti Marlina
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...