Permantap Penyusunan DPSHP Menuju DPT, KPU Butur Gelar Rakor Bersama PPK 

421
Ketua KPU Butur Hasruddin, anggota KPU Butur LM Miswar Adhi Putra, Muh Sairman Sahadia, berfoto bersama pihak Disdukcapil dan seluruh PPK Se-Butur.

Buranga, Inilahsultra.com– Menjelang rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Jumat 10 Agustus 2018 di salah satu hotel di Butur.

Rakor itu membahas penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir menuju Daftar Pemilih Tetap (DPT). Rapat tersebut ikut dihadiri Ketua KPU Butur Hasruddin, Komisioner KPU Divisi Data LM Miswar Adhi Putra, Komisioner KPU Divisi Teknis, Muh Sairman Sahadia, Sekretaris KPU Butur, Kepala Disdukcapil Butur beserta jajarannya, dan PPK Se-Butur.

Komisioner KPU Butur, LM Miswar Adhi Putra mengungkapkan, Rakor tersebut bertujuan untuk membahas persoalan DPSHP sebelum ditetapkan melalui pleno sebagai DPT Pemilu 2019.

Rakor ini, kata Miswar mengacu pada UU No 7 Tahun 2018 tentang Pemilihan Umum dan juga PKPU No 11 tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Rakor ini memang sangat penting, selain memberikan pemahaman kepada PPK khususnya dalam penyusunan DPSHP akhir. Juga memastikan hasil yang ditetapkan di DPSHP sebelumnya apakah masih terdapat kekurangan,” katanya.

Kekurangan itu, jelas dia seperti masyarakat yang belum terdaftar namanya sebagai daftar pemilih agar dimasukan, asal sesuai dengan sarat yang ditetapkan. Jika diketemukan data yang tidak memenuhi syarat dalam penyusunan DPSHP akhir menuju DPT, seperti pemilih meninggal dunia, pemilih tidak berdomisili di desa/kelurahan, pemilih ganda, pemilih terdaftar tetapi tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih, Itu harus dihapus.

“Perbaikan-perbaikan ini sebelum dilakukan pleno terbuka tingkat PPS tentang DPSHP akhir pada tanggal 12 Agustus 2018, dan Pleno terbuka tingkat PPK pada tanggal 13-14 agustus 2018,” jelas Miswar.

Baca Juga :  Dinkes Kendari Alokasikan Anggaran Rp 3,4 miliar Pengadaan 11 Unit Mobil Ambulans

Pria yang murah senyum ini berharap kepada seluruh PPK Se-Butur, usai pelaksanaan Rakor, agar segera memerintahkan PPS desa/kelurahan di wilayahnya masing-masing untuk melaksanakan pekerjaan dengan serius menjelang penetapan DPT.

“Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan daftar pemilih yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggung jawabkan,” tegasnya.

Editor : Aso

Silahkan berikan komentar

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here