APBN 2019, Pemda Muna Barat Usulkan Rehabilitasi Empat Daerah Irigasi

672
 

Laworo, Inilahsultra.com – Dalam rangka mewujudkan keinginan dan harapan masyarakat petani sawah di Kabupaten Muna Barat, Pemerintah Daerah kembali mengusulkan anggaran peningkatan atau rehabilitasi daerah irigasi Kabupaten Muna Barat yg akan dibiayai oleh APBN melalui dana alokasi khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mubar, Surachman ditemui di ruang kerjanya, Sabtu 11 Agustus 2018 mengatakan, anggaran tersebut diporsikan pada empat titik saluran irigasi yang telah rusak di wilayah Muna Barat.

- Advertisement -

Dalam pertemuan sinkronisasi dan harmonisasi wilayah Timur DAK Bidang Infrastruktur TA 2019 yang diselenggarakan Kementerian PU dan PR pada 9-10 Agustus 2019, Pemda Muna Barat mengusulkan empat daerah rehabilitasi irigasi dengan total anggaran kurang lebih Rp 20,5 miliar.

Usulan ini, kata dia, telah diverifikasi oleh Bappenas serta Ditjen SDA Kementerian PU dan PR.

“Kami mengusulkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat khususnya para kelompok tani dan kelompok pemakai air agar kebutuhan mereka dapat dituntaskan dengan sesegara mungkin,” kata Surachman.

Pendekatan bottom up dan teknokratik didahulukan sehingga intervensi pembangunan yang dilakukan dapat secara langsung menjawab kebutuhan masyarakat.

Surachaman menyebut, tahun depan akan concern pada rehabilitasi saluran primer dan sekunder serta bendungan pada beberapa daerah irigasi di Muna Barat yaitu Daerah Irigasi Katangana, Daerah Irigasi Kasimpa, Daerah Irigasi Lawada dan Daerah Irigasi Wanseriwu.

“Jika program ini dapat terealisasi pada tahun depan maka akan semakin meningkatkan priduktivitas petani dan nilai indeks pertanaman kita akan meningkat,” jelasnya

Ia menuturkan, program ini sejalan dengan kebijakan Bupati Muna Barat Bapak La Ode M Rajiun Tumada yang konsentrasi pada perbaikan kinerja petani sawah di wilayahnya.

“Apalagi Muna Barat bertekad untuk menjadi salah satu lumbung padi di Sulawesi Tenggara. Keseriusan pemda ini alhamdulillah disahuti positif oleh kementerian PU dan PR serta Bappenas,” tutup Surachaman.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...